Warga SAD Air Hitam Lebih Mudah Bawa Rotan dan Hasil Buruan | | PENA JAMBI

Warga SAD Air Hitam Lebih Mudah Bawa Rotan dan Hasil Buruan

Minggu, 06 Oktober 2019 | 15:51 WIB

pen32

Tampak kaum ibu dari warga SAD di kecamatan Air Hitam tengah melintas membawa rotan.


SAROLANGUN – Warga Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Kampung Madani Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun, mengaku sangat senang dengan dibukanya akses jalan setapak sepanjang 4.200 meter oleh pihak TNI Kodim 0420 Sarko saat TMMD.
Pasalnya dengan dibukanya jalan tersebut tidak hanya baik bagi warga setempat namun juga bermanfaat bagi warga SAD dalam mencari kehidupan di hutan, seperti membawa hasil buruan, perkebunan dan juga rotan liar yang tumbuh alami.
Temenggung Meladang SAD Air Hitam kampung madani, saat ditemui oleh awak media penajambi Jum’at kemarin mengaku berterimakasih atas bantuan jalan setapak dari pihak TNI Kodim Sarko.
“Kamoi terimokaseh dengan bantuan ini, selamo iko induk induk agak payah bawak Ghutan dan kayu kayu muek kayu api. Kiniko lah mudah sejak ado jalan iko,” kata Temenggung Meladang dengan bahasa Khas mereka.
 
Baca juga : Kalung ‘Sebelik Sumpah’ SAD Sarolangun Masuk Nominasi Anugrah Pesona Indonesia Tahun 2019
 
Hal senada juga dikatakan emak emak dari warga suku anak dalam yang melintas sedang membawa rotan mengaku lebih cepat melintas jalur tersebut ketimbang sebelum dibuka jalan tersebut.
“Kalu dulu agak lamo bujalan kaki masul semak keluar semak, naki bukit turun bukit, kini jalan lah ado kamoi agok cepat sampoi,” kata dia sambil memikul rotan.
Terpisak Camat Air Hitam Bustra Desman, kala dihubungi melalui telepon genggam menyebutkan keberadaan TMMD yang ada diwilayahnya sangat dirasakan oleh masyarakat.
Tidak hanya aspek Fisik namun juga aspek sosial dan budaya gotong royong serta kesehatan dan pendidikan juga sangat terasa.
“Alhamdulillah, pas pembukaan kemarin masyarakat saya tanya langsung mereka berterimakasih atas kerjasama TNI dan pemerintah, mereka bisa berobat gratis, bisa khitankan anaknya. Belum lagi kegiatan sosial gotong royong yang melibatkan masyarakat budaya seperti ini kembali tumbuh,” kata Camat.
(Amr)
Posted in

Leave a Reply

Baca Juga