Tutup Diklatpim IV Angkatan XIII, Bupati CE Tekankan Kinerja

Sarolangun, Penajambi.com – Kegiatan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV angkatan XIII dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah ditutup secara resmi, Rabu (26/06).
Penutupan Diklatpim IV ini ditutup langsung oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra di Aula Bappeda Kabupaten Sarolangun.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Drs H Tabroni Rozali, MM, Asisten II Ir Dedi Hendri, Kepala BKPSDM H A Waldi Bakri, S. IP, S. Sos, MM, para Kepala OPD, Para Camat, Sekretaris BKPSDM Linda Novita, SH, MH, Kabid Diklat Arif Sulistiono, SE serta jajarannya, dan para peserta diklatpim IV.
Kepala BKPSDM Waldi Bakri mengatakan bahwa Diklatmpim IV angkatan ke XIII ini diikuti sebanyak 30 orang peserta berasal dari Dinas, Badan, Kantor, Kecamatan dilingkungan Pemkab Sarolangun yang dilaksanakan selama 93 hari dengan empat kali tahapan ini dinyatakan semua peserta lulus.
Melalui Diklatpim IV ini bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Jambi, yang diharapkan seluruh peserta dapat melakukan perubahan pola kinerja dengan inovasi-inovasi yang didapatkan pada kegiatan Diklatpim ini di OPD masing-masing, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Setelah ada penilaian dari tim Widyaiswara semua peserta ini lulus, melalui tahapan yang dilaksanakan. Ada seminar, Benchmarking, penilaian disiplin sebagai kata kunci dalam peningkatan kinerja, tanggung jawab, kinerja, sosialisasi, intelektual dan kepribadian,” katanya.
Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan dengan kegiatan diklatpim IV ini tentu harus betul-betul bisa bermanfaat dalam meningkatkan skill, pengetahuan dan attitut (prilaku) untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai, serta dapat menanamkan bagaimana memimpin secara cepat dan efisien sebab saat ini diperlukan orang-orang yang berpengalaman.
“Disamping managemen dasar, tapi pola kerja ini harus ditanamkan sejak dini, harus proaktif dan cepat tanggap. Sekarang harus dinamis, jangan nunggu perintah atasan baru bekerja. Tingkatkan kinerja dan kualitas,” katanya.
Kedepan, kata Bupati, pelatihan diklatpim seperti ini harus disesuaikan dengan kondisi managemen pemerintahan saat ini, karena dengan tekhnologi saat ini gaya managemen saat ini tidak sama dengan 10 tahun yang lalu, begitu juga dengan perkembangan tekhnologi telah mengubah pola kehidupan masyarakat yang juga sudah jauh berkembang.
“Administrasi tekhnis harus dikuasai, termasuk lapangan. Berurusan managemen ini bukan hanya pintar teori tapi harus cerdas dilapangan. Maka saya harap kuasai full lah pekerjaan itu. Ini harus dilakukan penyempurnaan baik materi, pola managemen. Kita harus mengikuti pada smart city yang dicanangkan. Tolong semua, lakukan perubahan cara kerja, kalau teorinya sudah dapat, sekarang aplikasi kerjanya,” katanya.
Kegiatan itu juga dilakukan pelepasan tanda peserta diklatpim IV oleh Bupati Sarolangun Cek Endra, dan pemberian cindera mata sebagai kenang-kenangan dari Peserta diklatpim IV kepada Kepala BKPSDM Waldi Bakri, serta poto bersama.
Penulis : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

BKPSDM Temukan 13 Pegawai Dishub Pemalas

Rab Jun 26 , 2019
Pihak BPSDM Sarolangun saat melakukan sidak disiplin pegawai di Dishub, (Penajambi.com/Istimewa). Sarolangun, Penajambi.com – Dalam aksi sidak (inspeksi mendadak) yang dilakukan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKPSDM) ke Dinas Perhubungan Kabupaten Sarolangun Beberapa hari yang lalu. Pihak BPKPSDM mendapati 13 pegawai dishub tidak masuk kerja dengan status absensi […]