Api Hanguskan 3 Titik Lahan Di Bathin VIII | | PENA JAMBI

Api Hanguskan 3 Titik Lahan Di Bathin VIII

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 07:37 WIB

part-116
SAROLANGUN – Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah kabupaten Sarolangun pada Jum’at (23/08/2019). Tak tanggung-tanggung kebakaran kali ini terjadi di 3 titik sekaligus diwilayah kecamatan Bathin VIII, tepatnya di tepi jalan lintas sumatera tak jauh dari Rest Area Kabupaten Sarolangun.
3 lokasi titik kebakaran tersebut diantaranya di tepi jalan lintas sumatera sebelum gedung Rest Area Sarolangun, di depan gedung Rest Area dan ditepi jalan lintas sumatera sesudah Rest Area Sarolangun. Proses pemadaman kebakaran lahan tersebut berjalan hampir sekitar 2 jam. Dengan bantuan 1 unit mobil pemadaman kebakaran dari pihak damkar dan 1 mobil tengki dari pihak BPBD Sarolangun.
Dari pantauan Penajambi.com dilokasi kebakaran terlihat tim Satgas Karhutla yakni Damkar, TNI, Polri, BPBD, pihak kecamatan Bathin VIII dan masyarakat setempat berjibaku memadamkan titik api agar tidak meluas ke lahan kebun warga.
Camat Bathin VIII Akhyar Mubarok yang turun lansung dalam proses pemadaman titik api mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 wib, dan baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 wib.
“Kejadian sekitar pukul 10 pagi, di tiga titik yang tak jauh dari gedung rest area Sarolangun, dan Alhamdulillah api berhasil dipadamkan,” katanya.
Untuk luas lahan yang terkabar akhyar mangatakan tidak terlalu luas, dikarenakan cepatnya penanganan dari pihak kecamatan yang berkoordinasi dengan Polsek, TNI dan Dinas terkait.
“Kalu digabungkan 3 titik itu sekitar 1 Hektare, karna cepat mendapat penanganan sehingga api belum sempat menjalar lebih luas,” katanya lagi.
Sementara itu Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana S.IK, M.AP, melalui Kapolsek Bathin VIII IPTU Saprizal mengatakan, kuat dugaan kebakaran lahan bersumber dari api pantung rokok yang dibuang sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
“Kita turunkan 8 anggota untuk membantu memadamkan api, dan untuk sumber api, kuat dugaan dari puntung rokok yang dibuang sembarangan,” tandasnya.
(Hen)
Posted in

Leave a Reply

Baca Juga