Bupati Cek Endra: BNPB Lakukan Rekayasa Hujan | | PENA JAMBI

Bupati Cek Endra: BNPB Lakukan Rekayasa Hujan

Selasa, 24 September 2019 | 20:26 WIB

pen15

Bupati Cek Endra saat diwawancarai


SAROLANGUN – Musim kemarau yang terus berkepanjangan di Kabupaten Sarolangun mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan terus terjadi, akibatnya bencana kabut asap semakin tebal belakangan ini.
Pemerintah Kabupaten Sarolangun hingga ke tingkat desa terus melakukan sholat istisqa’, berharap agar hujan turun di bumi sepucuk adat serumpun pseko, sehingga kebakaran hutan dan lahan bisa padam.
Senin (23/9/2019), memang di Kabupaten Sarolangun, Hujan pun turun begitu derasnya meskipun hanya sesaat. Ternyata, hujan tersebut merupakan rekayasa atau hujan buatan, yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Hal itu dikatakan oleh Bupati Sarolangun Cek Endra, saat dikonfirmasi awak media Selasa (24/9/2019). “Sekarang rekayasa hujan sedang dilakukan oleh BNPB dari kemarin (Senin. Red) sampai hari ini,” katanya.
Ia berharap dengan hujan buatan ini dapat mengurangi dampak kabut asap di Kabupaten Sarolangun, sebab sejak senin sore kemarin sudah dua kali turun hujan. “Mudah-mudahan kadar asap kita berkurang dan hujan sudah dua kali, kemarin sore dan pagi ini, mudah-mudahan terus berkurang asap-asap,” katanya.
Selain itu, kata Cek Endra, pemerintah kabupaten sarolangun akan kembali meliburkan siswa sekolah jika kondisi udara di sarolangun semakin memburuk, seperti sebelumnya, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) mencapai angka 108. Pemkab Sarolangun meliburkan anak sekolah selama empat hari lamanya.
“Kalau hari ini masih normal dibawah 100, saya tidak bisa meliburkan kalau ISPU kita masih sehat. Kalau sudah 120 ISPU kita, baru kita keluarkan edaran,” katanya.
(Arw)
Posted in

Leave a Reply

Baca Juga