Turun Padamkan Api, Wabup Hillal Klaim Kabut Asap Belum Mengkhawatirkan

18 Agustus 2019

Sarolangun, Penajambi.com – Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil melakukan pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di salah satu kebun sawit masyarakat di Kecamatan Cermin Nan Gedang, Jumat (16/08/2019) lalu.
Pemadaman ini, Wabup didampingi Tim Satgas Karhutla Sarolangun, TNI dan Polri yang berjibaku berupaya untuk memadamkan api.
Katanya, pada jumat kemarin kebakaran lahan yang terpantau, ada tiga desa, yakni CNG, Ladang Panjang, dan Pauh.
“Ada lahan kebun masyarakat yakni sawit, ada juga lahan gambut, ini perlu penanganan kita bersama. Kita sudah optimal baik dari TNI/Polri maupun dari Pemda, kemarin kita sama-sama dengan TNI/Polri melakukan pemadaman di CNG,” katanya, Minggu (18/08/2019).
Ia juga menjelaskan bahwa selain melakukan upaya pemadaman api dengan menggunakan peralatan, pemerintah kabupaten sarolangun juga melakukan upaya dengan ikhtiar melaksanakan Sholat Istsiqa’, untuk meminta kepada Allah SWT agar diturunkan hujan.
“Ya memang melalui doa juga kita lakukan, jadi upaya kita secara tenaga dan ikhtiar sudah semaksimal mungkin. Alhamdulillah sehari setelah sholat istisqo turun hujan, nanti bagaimana kecamatan lain untuk melaksanakan Sholat Istisqo dengan meminta pertolongan dari Allah agar hujan turun,” katanya.
Ketika ditanya, soal kabup asap yang sudah mulai terlihat di Kota Sarolangun. Wabup mengatakan bahwa untuk saat ini kabut asap belum mengkhawatirkan, karena jarak pandang yang masih normal.
Katanya, jika memang kondisi kualitas udara memburuk, pemerintah kabupaten sarolangun akan melakukan pencegahan terhadap penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kabut asap yang pekat.
“Kabut asap, tapi sampai hari belum mengkhawatirkan kalau udara kita tidak layak lagi baru kita lakukan pembagian masker bagi masyarakat,” katanya.
(Arw)

Komentar

Please enter your name.
Please enter a message.

Baca Juga