Lapas Sarolangun Gelar FGD Draf RUU Pemasyarakatan Bersama Pers dan Mahasiswa | | PENA JAMBI

Lapas Sarolangun Gelar FGD Draf RUU Pemasyarakatan Bersama Pers dan Mahasiswa

Kamis, 26 September 2019 | 18:35 WIB

pen21

Kalapas bersama Staf tengah membuka acara FGD


SAROLANGUN – Lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas III Sarolangun Jambi, menggelar Focus Group Discussion (FGD) pembahasan draf rancangan undang-undang (RUU) Pemasyarakatan, kegiatan itu bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Terbuka dan Pers Sarolangun, di aula lapas setempat, Kamis (26/9/2019) pagi.
Kepala Lapas Sarolangun, Irwan mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan sebagai bagian dari upaya sosialisasi dan pemberian pemahaman kepada masyarakat, agar kemudian bisa memahami apa saja yang menjadi tugas dan fungsi lapas dalam menganyomi masyarakat.
“Memang belum maksimal kita laksanakan, karena belum bisa menghadirkan seluruh elemen. Namun ini adalah bagian dari upaya tersebut,” katanya dalam kegiatan itu.
Ia menyebut, sebenarnya kegiatan tersebut merupakan tugas utama pemerintah pusat, hanya saja mereka merasa terpanggil bagaimana kemudian kehadiran mereka untuk wilayah tugasnya dapat berkontribusi memberi pemahaman tentang hal tersebut.
“Kedepan bagaimana hal seperti ini bisa terus berlanjut. Dan bisa menghadirkan perwakilan setiap elemen masyarakat, serta organisasi-organisasi yang ada, tentunya peran Pers sangat dibutuhkan untuk hal itu,” kata Irwan.
Ia menjelaskan, terkait hal itu. Saat ini petugas lapas juga merupakan bagian dari penegak hukum selain Polisi, Jaksa, dan Pengadilan.
“Artinya hal-hal seperti ini juga menjadi bagian dari kewajiban kami untuk menyampaikan ke publik. Terutama tentang tugas maupun bagaiman pola pembinaan yang dilakukan kepada warga binaan dalam lapas oleh kami, dan ini harus menjadi pengetahuan bagi masyarakat,” katanya.
(Nil)
Posted in

Leave a Reply

Baca Juga