Aksi Pelaku Bajing Loncat Berakhir Di Jeruji Besi

Sarolangun, Penajambi.com – Satu orang pelaku kejahatan jalanan atau kerap disebut dengan Bajing loncat, berhasil Dibekuk Polres Sarolangun melalui Polsek Pauh, Selasa (30/07/2019) yang lalu. Pelaku tersebut berinisial IL (23) warga Desa Batu Ampar, Kecamatan Pauh.
Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, S.IK, M.AP, mengatakan bahwa pelaku sebelum pengungkapan tindakan kejahatan jalanan, pelaku ini telah melakukan pencurian dengan pemberatan di salah satu rumah warga di Kelurahan Pauh, pada 17 Oktober 2017 yang lalu.
Si pemilik rumah selaku korban mengalami kerugian bila diuangkan sebesar Rp 8 juta, karena kehilangan satu unit TV 32 inch merk LG, satu unit Laptop merk Toshiba, satu unit speaker aktif, dua unit jam tangan merek Alex Sander dan Swis, 15 unit HP, dan satu unit Playstation 2.
“Kami melakukan pengungkapan kepada kasus lama, LP tahun 2017 kita lakukan penangkapan tanggal 30 Juli oleh polsek pauh,” kata Kapolres dalam keterangan Pers nya.
Penangkapan pelaku ini, bermula adanya informasi dari masyarakat mengenai keberadaan pelaku yang diketahui sedang berada di Desa Batu Ampar. Aparat lalu bergerak cepat dengan mendatangi rumah pelaku, namun pelaku melarikan diri ke areal perkebunan sawit dibelakang rumah pelaku.
Lalu aparat melakukan penyisiran hingga akhirnya berhasiil menangkap pelaku, lalu si pelaku digiring ke Kapolsek Pauh. Saat diinterogasi petugas, ternyata pelaku selain melakukan pencurian dengan pemberatan di rumah korban, juga melakukan kejahatan jalanan.
“BB yang ditemukan adalah BB yang sebagian telah diuangkan untuk melakukan kejahatan Bajing loncat. Sedangkan BB kejahatan Bajing loncat kita amankan ada 2 dus susu coklat, 1 dus susu mini Kids, 3 galon racun rumput, 1 alat penyemprot rumput dan satu unit sepeda motor vixion yang digunakan untuk melakukan Bajing loncat,” katanya.
Kapolres juga menegaskan untuk mempertanggung jawaban perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara, dan saat ini sudah dilakukan penahanan di dalam jeruji besi.
“Kasus Bajing loncat juga menjadi atensi bagi kita, karena masyarakat menyampaikan langsung melalui media sosial, bila ada menemukan tindak pidana mohon secepatnya infokan ke kami ke polsek setempat, untuk mengadu pasti akan kami tindak lanjuti. Bisa langsung kita lakukan pengungkapan,” katanya.
(Nil)

Leave a Reply

Next Post

Pihak Semen Padang Kerjasama LPJK Gelar Sertifikasi Tukang Konstruksi Di Sarolangun

Ming Agu 4 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Sebagai bentuk perhatian terhadap peningkatan keahlian para pekerja konstruksi, PT Semen Padang menggelar sertifikasi terhadap tukang di wilayah Kabupaten Sarolangun. Kegiatan itu diikuti oleh 40 orang tukang yang dilaksanakan di Aula King Hotel Sarolangun, Minggu (04/08/2019). “Sertifikasi ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan PT Semen Padang. Untuk […]