Kajari Sarolangun Sorot Galian C Banyak Tak Punya Izin

Kajari Sarolangun Ikhwanul Hakim SH saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, (Penajambi.com/Husnil Aqili).

Sarolangun, Penajambi.com – Kepala Kejaksaan Sarolangun Ikhwanul Hakim SH, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (20/6), menyoroti banyaknya galian C beroperasi di sepanjang sungai yang berada diwilayah Sarolangun belum memiliki izin.
“Iya banyak sekali, padahal izin itu wajib kalau beroperasi tidak resmi itu artinya pelanggaran, kalau izinnya ada kan jelas kerjanya bisa sesuai kolidor dan aturan yang ada,” kata Kajari.
Dia menyayangkan kondisi tersebut, padahal menurut kajari jika pemilik usaha mau mengurusnya tidak ada yang sulit semuanya mudah yang terpenting ada kemauan. “Walaupun ngurusnya diprovinsi, tidak ada yang sulit kalau ada kemauan,” katanya.
Seyoganya pemerintah kabupaten juga bisa memfasilitasi mereka yang mau mengurus izin di provinsi serta melakukan sosialisasi sebab masih ada kewenangan meskipun ESDM sidah di provinsi.
“Sarolangun masih punya kewenangan, bisa memfasilitasi kepengurusan izin dan memberikan rekomendasi sebab kewenangan daerah masih ada yakni menyangkut koordinasi dan penataan ruang,” katanya.
“Kalau ini dilakukan serius kan bisa nambah income bagi daerah kita, bisa melalui pajak reklame dan bagi hasil atau sebagainya yang tidak menyalahi aturan,” katanya lagi.
Oleh sebab itu dia mengharapkan agar pelaku usaha galian C di Sarolangun dapat mengurus izin, supaya usahanya memiliki legalitas hukum yang sah dan yang terpenting memikirkan kepenting daerah secara utuh.
Penulis : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Meski Alami Keterbatasan Fisik, Alfiansyah Tetap Rekam KTP

Kam Jun 20 , 2019
Tampak Kadisdukcapil Sarolangun dan staf melakukan perekaman KTP E ke rimah Alfiansyah, (Penajambi.com/Wahid). Sarolangun, Penajambi.com – Alfiansyah, seorang pemuda berusia 18 tahun, warga Desa Lubuk Sepuh, Kecamatan Pelawan, mengalami keterbatasan fisik dan mental, saat ini sudah memiliki administrasi kependudukan berupa KTP elektronik. Hal itu setelah tim Dinas Kependudukan dan Catatan […]