Lurah dan Kades Se-Bathin VIII Teken Kesepakatan Soal Karhutla

Sarolangun, Penajambi.com – Lurah dan para Kepala Desa Se-Kecamatan Bathin VIII melakukan pernyataan sikap untuk mendukung sepenuhnya dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayahnya masing-masing, Kamis (15/08/2019), di aula Kantor Camat Bathin VIII.
Pernyataan sikap ini dibacakan langsung Ketua Forum Kades Kecamatan Bathin VIII H Zikri, yang diikuti para Lurah dan kepala desa yang disaksikan secara langsung oleh Camat Bathin VIII Akhyar Mubarrok, S.Ag, M.AP serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam).
Setelah pembacaan pernyataan sikap ini, para kades dan Lurah secara bergantian melakukan penandatanganan surat pernyataan tersebut, yang juga ditandatangani Camat Bathin VIII, sebagai bentuk komitmen bersama dalam melakukan upaya pencegahan terjadinya karhutla, inventarisasi lahan masyarakat yang berpotensi terjadi kebakaran dan yang sudah terjadi kebakaran serta penanggulangan karhutla di Kecamatan Bathin VIII.
Ada lima poin dalam pernyataan sikap ini, diantaranya (1) bersedia melakukan upaya pencegahan karhutla di wilayah Kecamatan Bathin VIII, (2) akan selalu melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk kepentingan apapun, (3) melakukan pendataan dan inventarisasi lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan melakukan upaya pencegahan, (4) bersedia melaporkan kejadian karhutla di wilayah masing-masing serta membantu satgas karhutla dalam penanganan pemadaman apabila terjadi kebakaran, dan (5) akan memberikan Sanksi kepada masyarakat yang melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan berkoordinasi kepada pihak terkait sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Ketua Forum Kades Kecamatan Bathin VIII Zikri mengatakan setelah penandatanganan surat pernyataan ini maka pihaknya akan melakukan pendataan dan inventarisasi lahan yang berpotensi dilakukan pembakaran lahan oleh masyarakat sesuai dengan arahan Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra pada rapat koordinasi penanggulangan karhutla di Kabupaten Sarolangun, sehingga dapat dilakukan pencegahan terjadinya kebakaran lahan.
“Dengan adanya penandatanganan permasalahan ini nanti kita bisa memberitahu kepada masyarakat, seperti di waktu sholat jumat terkait pemahaman permasalahan karhutla, sehingga kami kepala desa di Kecamatan Bathin VIII mendukung program pak camat dengan adanya kebersamaan,” katanya.
Sementara itu, Camat Bathin VIII Akhyar Mubarrok, mengatakan memang persoalan karhutla memang sudah menjadi tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat, khususnya kepada para Lurah dan kepala desa selaku pemimpin diwilayahnya masing-masing, maka dilakukan komitmen bersama untuk berperan aktif dalam melakukan pencegahan, inventarisasi lahan dan penanggulangan karhutla.
“Karhutla ini jangan hanya jadi beban dan tanggung jawab tim satgas karhutla baik yang ada di Kabupaten ataupun di Kecamatan, tapi harus ada peran serta masyarakat yang ikut langsung dalam mencegah karhutla, dalam penanganannya ini mencegah dari kebun kita sendiri baru kita berkolaborasi dengan tim satgas karhutla,” katanya.
(Arw)

Leave a Reply

Next Post

Kemarau, Pemkab Sarolangun Bersama Masyarakat Lakukan Sholat Istisqa'

Kam Agu 15 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Musim kemarau yang terus melanda Kabupaten Sarolangun mengakibatkan terjadinya kekeringan di beberapa wilayah dalam Kabupaten Sarolangun, sungai-sungai mulai kekeringan seperti sungai Batang Tembesi Sarolangun di bawah Jembatan Beatrix. Tak hanya itu, musim kemarau saat ini juga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang terus terjadi di beberapa Kecamatan, […]