Oknum Kades Gunakan Uang Hasil Korupsi DD Untuk Liburan

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap saat menjelaskan penyelewengan dana desa yang dilakukan Kepala Desa Kota Raya Darat AJ, Kamis (24/1/2019).

PENA JAMBI – Seorang oknum kepala desa AJ (47) diduga melakukan korupsi dana desa untuk keperluan pribadi. Dana yang digunakan untuk menghidupi keponakannya dan untuk berlibur ke sejumlah daerah.
Saat ini, berkas perkara sudah dinyatakan lengkap dan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Lahat. Atas perbuatannya, AJ terancam hukuman 20 tahun penjara dengan denda maksimal Rp 1 miliar.
Kepala Kepolisian Resor Lahat, Ajun Komisaris Besar Ferry Harahap, Kamis (24/1/2019) mengatakan AJ merupakan Kepala Desa Kota Raya Darat, Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat. Kasus diselidiki setelah adanya laporan masyarakat tentang penyelewengan dana desa tahun 2016.
“Ada laporan bahwa dana desa tidak digunakan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya yang telah disepakati,” ucap Ferry. Dikutip dari media kompas.com
Saat itu, dana desa yang diberikan sekitar Rp 586,978 juta  yang direncanakan untuk pembangunan jalan usaha tani. Namun AJ diduga telah menggunakan dana  tersebut dan menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 473,005 juta
Dana itu digunakan untuk  membiayai kehidupan keponakannya, karena orang tua keponakannya itu telah meninggal dunia. Sisanya untuk berlibur ke Jakarta dan Bengkulu.
Korupsi dilakukan AJ sendirian. Polisi menyatakan AJ merupakan tersangka tunggal. “Sampai saat ini berkas sudah dinyatakan lengkap dan sudah dilimpahkan ke kejaksaan,” kata Ferry.
Atas perbuatanya, lanjut Ferry, AJ dijerat pasal  2 ayat 1 Undang-Undang 31 tahun 1999 junto Undang-Undang 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi  dengan ancaman penjara paling singkat empat tahun dan paling berat 20 tahun serta denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling berat Rp 1 miliar.
Ferry menerangkan pihaknya juga menerima sejumlah laporan  dugaan penyelewengan dana desa. Namun, hingga saat ini masih dalam penyelidikan.
“Yang pasti ada beberapa desa yang sudah dalam pantauan,” ucapnya lagi.

Leave a Reply

Next Post

Nazarman Kembali Dipercaya Nahkodai Forwam

Kam Jan 24 , 2019
Nazarman ketua Forwam terpilih,(Penajambi.com) PENA MERANGIN – Meski perjalanan panjang era kepemimpinan Nazarman sebagai ketua Forwam terdahulu, “tidak semulus jalan tol” namun fakta kembali membuktikan jika Nazarman masih dikehendaki anggota untuk kembali memimpin Forum Waratan Merangun (Forwam), periode 2019-2021 mendatang. Hal tersebut terbukti, dari hasil Musyawarah Besar (Musbes) Forwam yang […]