Polisi Sarolangun Giat Waspada Karhutla

Pihak Polres Sarolangun saat melakukan sosialisasi terhadap masyarakat.

Sarolangun, Penajambi.com – Memasuki musim panas atau kemarau jajaran Polres Sarolangun saat ini terus melakukan Operasi Bina Karuna siginjai tahun 2019. Gerakan tersebut dalam rangka mewaspadai tentang kebakaran hutan dan lahan.
Kapolres Akbp Dadan Wira Laksana melalui Kasat Binmas selaku Kaops Satgas II Lapangan, kepada media ini mengatakan bahwa gerakan tersebut dimulai 20 Juni, dengan melakukan pendekatan preventif dan satgas preventif langsung ke lapangan mulai dari pemasangan spanduk larangan hingga penyuluhan langsung ke masyarakat.
“Kita ingin masyarakat paham akan bahaya membakar hutan, mulai dari kesehatan hingga ancaman hukumannya. Sebelum terjadi kami lebih dulu melakukan pencegahan,” kata Akp Pujiarso, Selasa (9/7/2019).
Selain itu dia bersama anggota juga saat ini terus melaksanakan kegiatan Patroli ke tempat-tempat yang berpotensi terjadinya pelanggaran dan berpotensi terjadinya kebakaran.
“Melaksanakan kegiatan Penyuluhan, penerangan dan himbauan kepada warga masyarakat, petani, pihak perusahaan perkebunan,” sambung dia.

Untuk diketahui seperti yang tertuang dalam UU no.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sebagaimana diatur dalam pasal 69 ayat 1 bahwa setiap orang dilarang membuka lahan dengan cara dibakar dan diatur kembali di pasal 108 bahwa setiap orang yang melakukan pembakaran lahan dipidana.
“Penjara paling sedikit 3 tahun dan denda 3 Milyar dan penjara paling lama 10 tahun denda 10 Milyar. Sedangkan dalam uu no.14 tahun 1999 tentang kehutanan sebagaimana diatur dalam pasal 50 ayat 3 huruf d bahwa setiap orang dilarang membakar hutan dan terhadap pelaku pembakaran dikenakan pasal 78 ayat 3 bahwa barang siapa dengan sengaja melakukan pembakaran diancam hukuman penjara selama 15 tahun dan denda sebanyak 5 Milyar,” urainya.
Reporter : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Lantik Pengurus Koni Sarolangun, Indra Almendaris Keluarkan Pesan Tegas

Sel Jul 9 , 2019
Foto: Pembacaan Sumpah Jabatan Oleh Ketua Koni Provinsi Jambi Indra Almendaris. Sarolangun, Penajambi.com – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi Indra Almendaris, dalam acara pelantikan kepengurusan KONI Kabupaten Sarolangun, di Hotel Abadi Sarolangun. Menghimbau kepada pengurus KONI Sarolangun yang baru dilantik, agar tidak memanfaatkan jabatan untuk minta proyek. […]