Polres Selidiki Kasus Kebakaran Lahan Gambut Di Sungai Abang

Kapolres AKBP Dadan Wira Laksana saat diwawancarai.

Sarolangun, Penajambi.com – Polres Sarolangun saat ini melakukan penyelidikan terkait kebakaran lahan gambut di Desa Sungai Abang, Kecamatan Sarolangun, Sabtu (10/08/2019) lalu.
Kebakaran itu lahan dengan total 15 hektar lahan tersebut, sudah tiga hari lamanya dilakukan pemadaman oleh tim Satgas Karhutla Sarolangun.
“Kami masih melakukan penyelidikan untuk pemilik lahan, sehingga ketika sudah kita ketahui pemilik lahan kita akan mulai kegiatan penyelidikan sampai penyebab apinya apakah disengaja atau karena alam. Saat ini sedang upaya pemadaman saat ini kita temui lahan milik masyarakat, belum ada milik PT,” kata Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, S.IK, M.AP, Senin (12/08/2019), saat diwawancarai awak media.
 

Baca juga: Kapolres Sarolangun Turun Tangan Padamkan Api

 

Ia juga menjelaskan dalam persoalan ini, dalam kasus kebakaran hutan dan lahan, setiap orang yang dengan sengaja melakukan pembakaran bisa dikenakan sanksi pasal pidana umum apabila tidak menyangkut lingkungan hidup.
“Tapi jika sudah menyangkut lingkungan hidup kita kenakan undang-undang lingkungan hidup,” katanya.
Selain itu, pihaknya juga akan fokus terhadap titik hotspot yang terpantau dari satelit. Ketika ada titik hotspot tim satgas karhutla akan turun ke lokasi, jika ada kebakaran lahan akan langsung dipadamkan.
“Tadi pagi kami laksanakan apel kesiap siagaan dan juga pengecekan alat. Setiap polsek di mobil dinas sudah kita modifikasi kita siapkan tedmon, alat untuk menyedot dan memadamkan api. Apabila menemukan api bisa cepat mematikan api, saat ini kami fokus kami pemantauan hotspot, untuk kita datangi dan bila ditemukan kita padamkan,” katanya.
Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menbuka lahan dengan cara melakukan pembakaran lahan, serta tidak membuang puntung rokok secara sembarangan saat berada di lahan perkebunan.
“Kemudian kami bersama satgas dan pak bupati mulai masifkan kegiatan sosialisasi, saat sambutan Idul Adha di As-Sulton sudah disampaikan. Sudah dihimbau melalui spanduk untuk stop kegiatan karhutla,” katanya.
Sementara itu, Kepala Manggala Agni Daops Sarolangun melalui humas, Harry Danru, mengatakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kabupaten sarolangun masih terus dilakukan.
Pemadaman yang sudah memasuki tiga hari ini, pasalnya api sudah membakar 15 hektar lahan gambut di Desa Sungai Abang, Sabtu (10/08/2019) lalu.
“Masih akan dilakukan pemadaman,” katanya.
(Arw)

Leave a Reply

Next Post

Ini 35 Nama Anggota DPRD Terpilih Yang Sudah Ditetapkan KPU Sarolangun

Sen Agu 12 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sarolangun telah menetapkan 35 calon anggota legislatif terpilih Kabupaten Sarolangun, pada Pemilu serentak tahun 2019 beberapa waktu yang lalu. Penetapan tersebut disampaikan oleh pihak KPU dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih pemilihan umum tahun 2019 […]