BID Sarolangun Dorong Kemajuan Desa Sesuai Potensi

Foto Bersama Tim BID, Pemerintah Kabupaten, Perangkat Desa Kecamatan Bathin VIII dan Kecamatan Sarolangun.

Sarolangun, Penajambi.com – Pembukaan kegiatan Bursa Inovasi Desa cluster 1 Kecamatan Sarolangun dan Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun yang digelar di gedung serba guna Desa Sungai Baung, Kecamatan Sarolangun, pada Rabu (17/07/2019) berjalan dengan lancar.
Kegiatan tersebut dihadiri Asisten 3 Hazrian SE. M. Si, Kadis PMD Sarolangun Mulyadi, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan, Anak dan Pengendalian Penduduk (P3AP2) Andi Putra Propinsi jambi, Camat Sarolangun Huzairin, Para Kades, dan Tokoh masyarakat.
Ketua panitia pelaksana Arsanur Rahman dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti 96 peserta yang berasal dari 24 Desa yang ada di Kecamatan Sarolangun dan Kecamatan Bathin VIII.
“Terdiri dari 2 Kecamatan, 10 Desa dari Kecamatan Sarolangun dan 14 Desa dari Bathin VIII, setiap desa mengirimkan 4 peserta yang terdiri dari Kades, BPD, Tokoh masyarakat dan kader pemberdayaan manusia (KPM), jadi total peserta berjumlah 96 orang,” katanya.
Kepala Dinas PMD Sarolangun Mulyadi, mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemerintah Desa Sungai Baung selaku tuan rumah pelaksana kegiatan tersebut. Ia mengatakan, kegiatan bursa inovasi kali ini sedikit berbeda bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
“Ini kali ketiga kita laksanakan di Sarolangun, kalau dulu pelaksanaan difokuskan di Kabupaten, tapi kali ini agak spesial karena pelaksanaan di tingkat kecamatan, ataupun gabungan dari beberapa kecamatan,” katanya.
Ia juga menekankan agar pemerintah desa mampu memaksimalkan kegiatan tersebut sebagai wadah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, dengan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki masing-masing desa.
“Harus sesuai dengan potensi yang ada di desa, apa yang kita butuhkan sesuai dengan bursa yang ada, jangan memaksakan kehendak dan tidak ada kaitannya dengan desa, dengan harapan untuk tahun 2020 pembangunan lebih tetap sasaran,” katanya.
Sementara itu, Sambutan Bupati Sarolangun yang diwakili oleh Asisten 3 Hazrian mengatakan, kegiatan bursa inovasi desa ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, namun perlunya dilakukam evaluasi agar pelaksanaan kedepan lebih baik lagi.
“Perlunya evaluasi dari kegiatan-kegiatan sebelumnya, kami ingin melihat Desa mana yang bisa dan berhasil menerapkan 3 bursa tersebut, lakukan kegiatan yang bermanfaat yang tidak bermanfaat tidak perlu kita lakukan. Jangan terpaku dengan infrastruktur saja, dan semoga kegiatan menambah Nilai desa,” katanya.
Reporter : Hendri
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Terkait Pengelolaan Anggaran Di Desa, Mulyadi Kadis PMD: Jangan Paksakan Kehendak Sendiri

Rab Jul 17 , 2019
Kadis PMD Mulyadi saat menyerahkan cindera mata kepada Asisten III Bupati Sarolangun di acara Bursa Inovasi Desa. Sarolangun, Penajambi.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sarolangun menghimbau kepada seluruh Kepala Desa agar melakukan musyawarah terlebih dahulu dalam pengelolaan Dana Desa. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas PMD […]