Masuk Musim Panas, Titik Api Di Sarolangun Mulai Muncul

Foto: Titik Api Karhutla, (Ilustrasi/Net).

Sarolangun, Penajambi.com – Memasuki musim panas sejak akhir Juni hingga Juli (2019), tanda-tanda musim kemarau panjang mulai tampak, kondisi tersebut tentunya membuat pihak BPBD terus mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta pemukiman warga.
Hal itu ditegaskan oleh Triyanto, Kepala BPBD Sarolangun, saat dikonfirmasi oleh awak media bahwa saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan masyarakat di setiap Desa dan juga pihak BNPB Provinsi Jambi.
“Sudah ada yang terpantau titik apinya, di desa Sepintun yaitu di wilayah perkebunan,” kata Triyanto.
Untuk Kabupaten Sarolangun, karena wilayah perkebunan dan hutannya cukup luas tentunya kata Triyanto, sangat rentan dengan kebakaran hutan. Sebab jika mengacu pada tahun 2018 lalu mayoritas karhutla terjadi di Bathin VIII, Batang Asai, Mandi Angin, Pauh, Air Hitam.
“Kecamatan Mandiangin, Pauh, Batang Asai, Bathin 8 dan Limun dan Air Hitam, itu wilayah hutan dan perkebunan yang rentan, makanya ini terus jadi perhatian kita dan kita terus koorsinasi dengan masyarakat dan pemerintab setempat, jika ada tolong segera laporkan,” katanya menerangkan.
Dirinya berharap masyarakat khususnya pemilik lahan untuk tidak melakukan melakukan perluasan lahan dengan cara membakar. Triyanto mengatakan pelaku pembakaran lahan akan dikenakan pidana sesuai dengan aturan yang ada. 
Reporter : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Dinkes Sarolangun Dapat Petunjuk Dari Loka Rehab Narkoba Batam

Kam Jul 4 , 2019
Bambang Hermanto Peltu Kadinkes Sarolangun, (Penajambi.com/Husnil Aqili). Sarolangun, Penajambi.com – Rencana pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk membangun rehabilitasi Narkoba dan panti sosial pada tahun anggaran 2019 hingga 2020 mendatang, mendapatkan petunjuk dari Loka Rehab Narkoba Kepulauan Riau Batam. Petunjuk tersebut didapatkan setelah pihak pemkab melakukan study banding beberapa hari yang lalu. […]