Ribuan Masyarakat Sarolangun Ngantri Naik Haji

Keberangkatan jamaah haji Sarolangun, belum lama ini, (Arsip Redaksi Penajambi).

Sarolangun, Penajambi.com – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sarolangun mencatat daftar tunggu keberangkatan haji begitu lumayan lama, karena jika mendaftar pada tahun 2019 ini, maka baru bisa berangkat pada tahun 2043 mendatang, alias menunggu selama 24 tahun.
Kepala Kemenag Sarolangun, M Syatar mengatakan bahwa jumlah Antrian naik haji di Kabupaten Sarolangun jumlahnya bisa mencapai ribuan orang, karena jika rata-rata dalam satu tahun diberangkatkan hanya 200 orang, maka jika dikalikan selama 24 tahun berarti ada sebanyak 4.800 orang yang saat ini sedang mengantri untuk naik haji.

 

Baca juga: Bupati CE: Sandang Titel Haji Itu Berat

 

“Kita mengikuti kuota nasional, kita dapat dari provinsi Jambi sekitar 3.000-an itu yang direbut oleh kita di kabupaten, pertama karena peminatnya cukup banyak sehingga terjadi Antrian yang panjang. Provinsi ada ribuan yang antri, kita saja 2043 baru berangkat, rata-rata pertahun itu ada 200 orang, kalikanlah,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa lalu.
Ia juga menyebutkan panjangnya antrian ini juga disebabkan karena adanya keterlambatan menyetor uang pendaftaran naik haji seperti pembayaran di bank yang mengalami antrian, sehingga ada keterlambatan prosedur pendaftaran.
Lalu, untuk mengatasi hal tersebut pihaknya berencana untuk membangun kantor pelayanan haji di Kabupaten Sarolangun, yang didalamnya dilengkapi dengan petugas bank.
“Kita sekarang mencari solusi, karena rentang prosedur pendaftaran baik itu Kemenag, ke bank antri. Insa Allah tahun 2020 mengagendakan untuk membangun kantor pelayanan haji, yang disitu lengkap petugas bank, jadi jamaah tidak perlu lagi ke bank,” katanya.
Tahun 2019 ini, Kabupaten Sarolangun mendapatkan kuota haji sebanyak 214 orang yang sudah diberangkatkan ke Mekkah, untuk melaksanakan ibadah haji. Dengan jamaah yang tertua berusia 86 tahun asal Kecamatan Singkut dan jamaah Termuda berusia 27 tahun asal Kecamatan Bathin VIII.
Reporter : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Bocah 6 Tahun Tenggelam di Sungai Tembesi

Rab Jul 31 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Seorang bocah usai 6 tahun warga RT 06 Desa Bernai Luar Kecamatan Sarolangun, tenggelam di Sungai Tembesi, Rabu (31/07/2019). Informasi yang didapat, Bocah yang tenggelam tersebut diketahui bernama Adri. Ia tenggelam pada pukul 13.00 Wib saat hendak mandi bersama temannya di sungai Tembesi sembari memasang pukat ikan. […]