Sarolangun Wakili Jambi Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional

Peltu Dinkes Bambang Hermanto, saat diwawancarai di ruang kerjanya (PJ/Hen).

Sarolangun, Penajambi.com – Kabupaten Sarolangun masuk dalam nominasi penilaian Kabupaten/Kota sehat kategori Wiwerda (Pembinaan) tahun 2019 tingkat nasional. Tak hanya Sarolangun, Kabupaten Tebo juga merupakan salah satu wakil dari provinsi Jambi dalam nominasi yang sama.
Ketua pembina kabupaten Kota Sehat kabupaten Sarolangun, (Bappeda) melalui sekretaris pembina kabupaten Bambang Peltu Dinkes, sebelum dinyatakan masuk dalam nominasi Kabupaten Sarolangun telah mengirimkan dokumen persyaratan pada bulan April yang lalu, yang kemudian diverifikasi oleh pihak kementerian Kesehatan dan Kementerian dalam negeri.
“Ada sekitar 400 lebih kabupaten/kota yang mengirimkan dokumen, setelah diverifikasi, dinyatakan lulus ada sekitar 162 kabupaten/kota, dan salah satunya Kabupaten Sarolangun,” tutur Bambang, Kamis (01/8/2019) di ruang kerjanya.
Ia mengatakan, dari 10 Kecamatan yang ada, 8 Kecamatan masuk dalam kriteria penilaian hanya saja nantinya yang akan difokuskan pada dua kecamatan yaitu Kecamatan Singkut dan Kecamatan Sarolangun.
“Selanjutnya, untuk tim penilaian itu akan turun pada tanggal 14 Agustus tahun ini (2019), ini juga dinilai langsung oleh pihak kementrian kesehatan berdasarkan berkas yang sudah kita ajukan. Namun tentunya sesuai kriteria atau standar kualifikasinya, latanya menerangkan.
Lanjut, masuknya Sarolangun dalam nominasi kabupaten/kota sehat tersebut tidak lepas dari perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan kerja keras dari forum Kabupaten/Kota sehat yang diketuai oleh Fahrul Rozi.
“Ini bentuk keseriusan dan kepedulian pemerintah, apalagi pak bupati sangat fokus dalam menyelesaikan sarana dan prasarana kesehatan khususnya dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berpola hidup sehat melalui program yang digerakkannya. Yang dihimpun langsung oleh forum kabupaten/kota sehat,” katanya.
Ditanya apakah hanya dinkes yang terlibat, “tidak, banyak instansi lain juga yang terlibat dalam Forum ini diantaranya, ada Dikbud, LH, Dinsos, Perkim, Bappeda,” sambungnya.
Untuk diketahui, sebelumnya sarolangun telah meraih penghargaan kabupaten/kota bersih kategori Padapa (pemantapan) pada tahun 2015.
(Hen)

Leave a Reply

Next Post

Anggota Paskibraka Dikarantina

Kam Agu 1 , 2019
Tampak Sekda Tabroni Rozali saat menyematkan tanda pengukuhan. Sarolangun, Penajambi.com – Para anggota Pasukan Pengkibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih memasuki masa karantina selama 20 hari, yang dimulai pada 31 Juli s.d 19 Agustus 2019 mendatang. Para anggota Paskibaraka ini akan menjalani masa pemusatan pelatihan Paskibraka yang akan bertugas untuk […]