Tahun Ini Dua Puskesmas Akan Disurvey

Bambang Peltu Kadinkes saat diwawancarai.

Sarolangun, Penajambi.com – Tahun 2019 ini ada tiga Puskemas yang ada di Kabupaten Sarolangun akan dilakukan penilaian Akreditasi Puskesmas. Dua diantaranya merupakan penilaian akreditasi perdana, yakni Puskesmas Pelawan dan Puskesmas Mersip, Kecamatan Limun. Sementara satu puskesmas lainnya, dilakukan re-akreditasi, yakni Puskesmas Pauh.
“Ya, tahun ini kita persiapan tiga puskesmas untuk dilakukan penilaian akreditasi, dua diantaranya merupakan akreditasi perdana, satu puskesmas akreditasi lanjutan atau re-akreditasi,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Bambang Hermanto, Senin (22/07/2019).
Akreditasi puskesmas ini, katanya diatur sesuai dengan Permenkes Nomor 46 tahun 2015, tentang akreditasi puskesmas, yang didalamnya mengatur bagaimana penilaian akreditasi serta tiap tiga tahun sekali dilakukan penilaian akreditasi puskesmas tersebut serta jenis-jenis tingkatan akreditasi puskesmas yang dimulai dari tingkatan tidak terakreditasi, dasar, madya, utama dan paripurna.
“Tiga tahun sekali dilakukan akreditasi puskesmas, karena puskesmas pauh ini akreditasi awalnya pada tahun 2017, maka tahun ini kembali dilakukan penilaian akreditasi,” katanya.
Dengan terakreditasinya puskesmas, katanya, diharapkan pelayanan harus ditingkatkan, agar pelayanan kepada masyarakat benar-benar sesuai dengan SOP, berkualitas. Pelayanan baik didalam gedung, di luar gedung dan juga administrasinya serta Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).
“Survey dilakukan oleh tim akreditasi kemenkes, kita hanya melakukan pembinaan kepada Puskesmas. Kita ajukan melalui provinsi Jambi, baru tim kemenkes akan turun. pembinaan ini sifatnya memberikan arahan dalam pembuatan profil, keadaan wilayah, program yang dilaksanakan, dan berkas yang harus disiapkan.
“Tahun 2020 Insa allah seluruh puskesmas sudah akreditasi, karena tinggal satu puskesmas lagi, yakni puskesmas spintun, yang baru dibuka tahun 2018. Dan tahun 2019 tenaga kesehatannya baru terisi semuanya, tenaga dasar itu ada 9 jenis dan lagi proses register di kemenkes,” kata dia menambahkan.
Di Kabupaten Sarolangun terdapat 16 unit Puskemas yang ada dibawah naungan dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, yang tersebar di 10 Kecamatan. Dari jumlah puskesmas tersebut, baru ada 13 Puskesmas yang sudah mendapatkan akreditasi dari Kementrian Kesehatan RI.
Tahun 2016 ada 1 Puskesmas terakreditasi dasar yakni Puskesmas Pauh. Tahun 2017 ada 6 puskesmas terakreditasi, yakni Puskesmas Limbur Tembesi dengan nilai akreditasi kategori dasar, Puskesmas Sarolangun kategori dasar, Puskesmas Pematang Kabau kategori madya, Puskesmas Mandiangin kategori dasar, Puskesmas Pulau Pandan kategori madya, dan Puskesmas Singkut pasar kategori madya.
Tahun 2018, ada 6 puskesmas terakreditasi yakni Puskesmas Pekan Gedang kategori madya, Puskesmas CNG kategori dasar, Puskesmas Singkut V kategori dasar, Puskesmas Air Hitam kategori madya, Puskesmas Sungai Baung kategori madya, dan Puskesmas Butang Baru kategori madya.
Reporter : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Bupati CE Bilang Begini Soal Kinerja Kajari Sarolangun

Sen Jul 22 , 2019
Bupati Cek Endra bersama Kajari Ikhwanul Hakim saat memusnahkan barang bukti. Sarolangun, Penajambi.com – Bupati Sarolangun Cek Endra mengapresiasi kinerja kejaksaan negeri (Kejari) Sarolangun yang telah membantu pemerintah daerah dalam rangka melakukan penegakan hukum dan pencegahan terhadap kebocoran keuangan negara berbagai pelaksanaan kegiatan proyek pembangunan di Kabupaten Sarolangun. Kata Cek […]