2 Orang CJH Sarolangun Ditunda Berangkat Ketanah Suci

Ilustrasi/Net.

Sarolangun, Penajambi.com – Bulan Agustus mendatang menjadi hari yang ditunggu-tungu oleh 214 orang calon jamaah haji asal kabupaten tahun 2019 ini. Pasalnya setelah bertahun lamanya menunggu tercapai juga keinginan untuk mengunjungi tanah suci.
Saat diwawancara Kakan Kemenag Syatar mengatakan, meskipun akan diberangkatkan di bulan agustus namun masih belum ada kepastian tanggal keberangkatan.
“Iya kita masih menunggu keputusan dari kementrian Agama, barulah kita tau kapan tepatnya tanggal keberangkatan,” katanya, Selasa (25/6) di kantor Kemenag Sarolangun.
Ia menambahkan, untuk tahun ini jamaah haji asal Kabupaten Sarolangun diberangkatkan pada gelombang ke 2 kloter 27 dan tidak dilakukan secara terpisah.
“Tahun ini agak beda, kita hanya 1 kloter tidak seperti beberapa tahun lalu. Selama ini walaupun jumlahnya sedikit kita tetap dibagi 2 kloter, bahkan yang gabung ke kloter kita itu kabupaten tetangga yaitu tebo,” tambahnya.
Ia menjelaskan fokus kemenag adalah persiapan-persiapan manasik pada tanggal 4-5 juli 2019 dan dilakukan dua tahap.
“Dua kali akan dilakukan manasik yang massal dari kemenag dan kelompok dari KUA perwilayah,” jelasnya.
Untuk diketahui, dari 10.000 kuota calon jamaah haji yang disiapkan pemerintah Indonesia, di Sarolangun lanjut dia hanya terjaring 10 orang tambahan dan yang melunasi sudah 9 orang. Namun pada tahap pelunasan ada beberapa yang harus menunda keinginan berangkat.
“2 orang yang terpaksa ditunda sampai tahun depan karna terkait pelunasan ataupun fisik yang kurang memadai,” rincinya.
Ia mengungkapkan tidak ada lagi tes yang harus dilakukan terhadap para jamaah haji dan hanya tinggal menunggu manasik haji, ia pun menghimbau agar para jamaah menjaga kondisi mereka agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan saat sebelum dan saat melaksanakan ibadah haji.
“Karna perjalanan ini cukup jauh kami harap jaga kesehatan fisik dan mental. Jangan sampai sudah bertahun2 menunggu malah gagal karna hal tersebut,” pungkasnya.
Penulis : Sulaiman
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Bupati CE Tekankan Pelayanan Tak Berbelit-belit

Rab Jun 26 , 2019
Bupati Cek Endra saat diwawancarai usai acara penutupan Diklatpim, (Penajambi.com/Husnil Aqili). Sarolangun, Penajambi.com – Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra menginginkan agar persoalan pelayan yang baik dan berkualitas terhadap masyarakat dinomor satukan. Hal itu ditegaskannya pada acara penutupan Diklatpim tingkat IV angkatan XIII, Rabu (26/05), di Aula Bappeda Sarolangun. “Rubahlah […]