Dinkes Sarolangun Dapat Petunjuk Dari Loka Rehab Narkoba Batam

Bambang Hermanto Peltu Kadinkes Sarolangun, (Penajambi.com/Husnil Aqili).

Sarolangun, Penajambi.com – Rencana pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk membangun rehabilitasi Narkoba dan panti sosial pada tahun anggaran 2019 hingga 2020 mendatang, mendapatkan petunjuk dari Loka Rehab Narkoba Kepulauan Riau Batam.
Petunjuk tersebut didapatkan setelah pihak pemkab melakukan study banding beberapa hari yang lalu. Hal itu dikatakan oleh Bambang Hermanto Peltu Dinas Kesehatan Sarolangun, Kamis (4/7/219).
“Iya, kita baru study ke loka rehab batam dengan pak wabup, kita kesana mintak petunjuk terkait arahan dan rencana pak bupati bangun rehab narkoba dan panti sosial,” katanya.
Dari petunjuk tersebut lanjut Bambang, ada dua pola yang harus dilakukan yakni dengan pengelolaan sendiri atau mandiri bisa juga dikelola oleh pihak BNN.
“Bisa dikelola dangan APBD Sarolangun artinya kita kelola sendiri namun memang semuanya mulai anggaran, tenaganya dan sapras medis kita yang siapkan cuma anggarannya cukup besar, tapi bisa juga BNN artinya mereka gunakan anggaran pusat dalam hal ini kita cuma menyiapkan fisik,” terang dia.
Hanya saja dari study tersebut, belum final dan akan dibahas kembali dengan bupati dan stakeholder lainnya, “ini pola belum final, yang jelas akan kita kaji ulang lagi, namun yang pasti sesuai arah pak bupati tahun ini sudah ada progres pastinya,” terangnya.
Disisi lain, dia mengaku prihatin persoalan narkoba di Jambi Khususnya Sarolangun cukup tinggi terbukti ketika dia ke Batam, Provinsi Jambi penyumbang pasien Narkoba nomor 2 di loka rehab Batam.
“Kata pihak loka batam, Jambi penyumbang pasien narkoba nomor dua disana, artinya wajar pak bupati prihatin dengan kondisi ini makanya beliau komit akan segera progreskan ini. Kalau sudah ada ditempat kita enak pasien tidak jauh lagi untuk berobat,” kata dia menambahkan.
Reporter : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

RSUD Chatib Quzwain Resmi Terima Bintang 4 Dari KARS Nasional

Kam Jul 4 , 2019
dr. H. Bambang Hermanto, Dirut RS Chatib Quzwain, saat menerima Sertifikat Akreditasi Bintang Empat dari pihak KARS, (Penajambi.com/Husnil Aqili). Sarolangun, Penajambi.com – Rumah Sakit Umum Chatib Quzwain Sarolangun Provinsi Jambi, secara resmi menerima sertifikat akreditasi dengan predikat bintang empat utama. Predikat tersebut berdasarkan hasil riset dan penilaian resmi dari salah […]