Belasan Siswa SMA/SMK Sederajat Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Pembukaan acara lomba karya ilmiah di ruang pola kantor Bappeda Sarolangun, (Penajambi.com/Wahid).

Sarolangun, Penajambi.com – Belasan siswa SMA/SMK Se-derajat mengikuti lomba karya ilmiah, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun tahun 2019.
Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Bappeda H Lukman, MPd, di ruang aula kantor Bappeda Sarolangun, Kamis (27/06).
Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Sarolangun, Alkhawarizmi, mengatakan kegiatan lomba karya ilmiah ini merupakan kegiatan perdana dilaksanakan, dengan mengangkat tema Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (Iptek) dan inovasi dalam industri kreatif 4.0.
“Peserta dari 7 SMA/SMK di Kabupaten Sarolangun, yang berjumlah 14 orang siswa. Ini perdana kita laksanakan mulai tahun ini,” katanya.
Tujuannya, lanjut mantan Lurah Pasar Sarolangun ini untuk membangkitkan inovasi tiap siswa untuk terus belajar mengasah ilmu, dimana hasil dari karya ilmiah para siswa ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan kajian peneliatan dan pengembangan, untuk pembangunan kabupaten sarolangun kedepan.
“Mengenai isu strategis yang terkait, setiap peserta akan menyiapkan satu judul karya ilmiah, dan di presentasikan dihadapan tim penilai. Secara tertulis sudah disampaikan sebelum pelaksanaan kegiatan presentasi, kemudian ada tanya jawab dan uji materi,” katanya.
Tim penilai karya ilmiah ini, Bappeda Sarolangun mendatangkan tenaga profesional dari Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Jambi, dan dari akademik Universita Jambi.
“Setiap pemenang 1, 2 dan 3 diberikan sertifikat, uang pembinaan dan piala serta akan diwakilkan ke tingkat provinsi jambi, dalam beberapa bulan kedepan,” katanya.
“Kedepan akan kita lakukan ditingkat SD sederajat, SMP sederajat dan Perguruan tinggi yang ada di sarolangun. Tidak berkemungkinan akan kita lakukan di tingkat OPD, bagaimana menampilkan inovasinya,” kata dia menambahkan.
Penulis : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Dinas Dukcapil Sarolangun Akan Terapkan TTE

Kam Jun 27 , 2019
Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun. M. Arsyad, (Penajambi.com/Wahid). Sarolangun, Penajambi.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun menjelang akhir tahun 2019 ini, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat sarolangun yang ingin mendapatkan tanda tangan kepala dinas dalam kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk). Sebab, Dukcapil Sarolangun saat ini sudah mulai menggodok untuk […]