Berantas Calo Di Dukcapil Sarolangun, Arsyad: Akan Kita Tindak

Pelayanan Di Dukcapil Sarolangun, (Arsip Redaksi Penajambi.com).

Sarolangun, Penajambi.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun terus mempersempit ruang gerak para calo administrasi kependudukan (Adminduk) seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte kelahiran ataupun akte kematian.
Kepala Dinas Dukcapil, M Arsyad, kepada awak media penjambi.com mengatakan, dalam kepengurusan adminduk ini pihaknya akan mengedepankan SOP aturan yang berlaku dengan syarat-syaratnya yang telah ditetapkan.
“Jika mengurus adminduk ini, kita melaksanakan dan mengedepankan aturan, tidak satu rekomendasipun yang lepas dari verifikasi akhir persyaratan-persyaratan yang mengacu kepada aturan yang berlaku, kalau kurang syarat maka tidak akan kita layani,” katanya.
Arsyad mengatakan hal tersebut bertujuan agar pelayanan adminduk ini terhindar dari aktivitas para calo yang gentayangan dan meresahkan masyarakat.
Disamping itu, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan baik internal ataupun eksternal bekerjasama dengan tim Saber Pungli.
“Sebab capil ini salah satu dinas yang menjadi barometer daerah soal pelayanan yang tertuang dalam visi dan misi pak bupati, mohon doa dan dukungan semua pihak agar rencana ini bisa berjalan maksimal,” katanya.
Bahkan jika memang ada pungli yang dilakukan para calo, pihaknya akan melaporkan hal tersebut ke tim saber pungli Kabupaten Sarolangun.
“Maka dari itu kita himbau agar mengurus dokumen adminduk datang langsung kesini dengan menangani masalah apa yang dimaksud. Tidak ada pungutan, kalau ada pungutan dan terbukti dilakukan calo atau internal staf kita, kita akan tindak lanjut,” katanya.
Reporter : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Pemkab Akan Anggarkan Sarpras Penilaian Adipura

Ming Jun 30 , 2019
Ilustrasi piala Adipura/Net. Sarolangun, Penajambi.com – Pemerintah Kabupaten Sarolangun berencana pada Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019 ini akan menyiapkan anggaran untuk persiapan penilaian adipura akhir tahun ini. Hal ini dikatakan oleh Bupati Sarolangun Cek Endra, pada Jum’at kemarin, bahwa persoalan Adipura merupakan harga diri daerah yang […]