CE Instruksikan Camat dan Kades Jaga Wilayah Masing-masing

Sarolangun, Penajambi.com – Bupati Sarolangun Cek Endra menghimbau kepada para Camat dan Kepala Desa, untuk menjaga wilayahnya masing-masing agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Sebab, saat ini kebakaran lahan sudah mulai marak terjadi di beberapa wilayah dalam Kabupaten Sarolangun, yang tentunya harus menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Sarolangun.
Kata Cek Endra, setelah mengikuti rapat karhutla bersama Presiden RI Ir Joko Widodo, kepedulian pemerintah daerah bersama TNI/Polri memang harus ditingkatkan dalam menangani persoalan karhutla.
“Di Jambi memang secara umum berbatasan dengan Singapura dan Malaysia. Namun sesuai arahan pak presisen bahwa memang harus ada kepedulian kepala daerah, pak dandim, pak Kapolres untuk sama-sama, kita sudah keluarkan maklumat siaga karhutla,” katanya, Rabu (07/08/2019) malam kemarin saat dikonfirmasi awak media.
“Kita instruksikan kepada camat dan kepala desa menjaga wilayah masing-masing agar tidak ada masyarakat yang membakar lahan, dan bekerja sama dengan TNI/Polri, tapi masih terjadi kebakaran kecil dan bisa diatasi dengan baik,” kata dia menambahkan.
Selain itu, katanya kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Sarolangun masih bisa diatasi dengan baik, dan belum ada kebakaran lahan yang melampaui dari dua hari.
Namun, ia memastikan setiap ada titik hotspot yang terpantau, Pemkab Sarolangun akan langsung tanggap turun ke lapangan.
“Begitu juga harapan presiden, tindakan cepat agar jangan sampai meluas makanya harus cepat, sampai hari ini masih terkendali, saya pastikan tidak ada kebakaran yang tidak dituntaskan dalam satu hari,” katanya.
Kemudian ia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya di daerah yang sulit kendaraan atau terjal, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.
“Lebih baik kita mencegah dari pada kita begitu timbul kebakaran lalu kita padamkan. Maka saya himbau kepada masyarakat terutama daerah yang terjual agar tidak membakar lahan, dan saya himbau camat dan kepala desa jaga wilayahnya masing-masing,” katanya.
(Hrp)

Leave a Reply

Next Post

Pikirkan Nasib Generasi dan Panti Rehab, Bupati CE: Biarlah Pakai Anggaran Kita

Kam Agu 8 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Pemerintah Daerah Sarolangun, terus berjuang agar panti rehab bisa berdiri di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko Kabupaten Sarolangun. Hal itu sebagai bentuk rasa peduli dan prihatin Bupati Cek Endra terhadap maraknya peredaran Narkoba di tengah masyarakat. “Iya, kita tidak bisa menunggu lama lagi soal pendirian panti rehab […]