CE : Jangan Alih Fungsikan Lahan Sawah

Bupati Cek Endra di Kecamatan Pelawan saat melihat aktivitas kelompok tani setempat.

Sarolangun, Penajambi.com – Bupati Sarolangun Drs H. Cek Endra mengatakan didepan para petani harus terus semangat dalam bertanam padi, dari yang biasanya satu kali panen setahun bisa menjadi dua kali, atau yang biasanya dua kali setahun bisa menjadi tiga kali setahun.
Apalagi dengan hamparan sawah yang dikelola dengan teknik yang benar, satu hektar saja bisa menghasilkan 7,6 ton Gabah kering yang kemudian diolah bisa menjadi 4 ton Beras.
“Sudah lumayan bagus, dan ini bisa dua kali panen setahun, tapi Sarolangun secara keseluruhan belum swasembada, baru 50 persen terpenuhi dari tanaman sendiri, yang lainnya masih mendatangkan beras dari luar,” katanya usai melihat hamparan sawah Kelompok Tani Lesung Batu Deesa Penegah, Kecamatan Pelawan.
Untuk mewujudkan swasembada beras ini, kata Bupati, lahan sawah yang ada saat ini agar tidak dialih fungsikan oleh masyarakat petani, tapi memang harus dipertahankan karena ini untuk ketahanan pangan kedepan.
Selain itu, besar harapan agar pembangunan bendungan batang asai dapat segera selesai dilaksanakan dan berfungsi untuk kepentingan masyarakat petani di sarolangun, ditambah dengan jaringan irigasi dari bendungan Dam Kutur.
“Makanya kedepan apabila Dam Batang Asai ini selesai itu akan menambah lebih kurang 6.000 hektar sawah baru, termasuk juga jaringan yang sudah dekat mau dibuka bendungan Dam Kutur bisa mengalir sawah baru 2.000 hektar, Insa Allah jika sudah berfungsi dengan ada tambahan irigasi akan bisa menambah produksi kita, maka bisa swasembada Sarolangun,” katanya.
“Paling tidak harus bisa 12 ribu hektar harus tertanam baru bisa memenuhi kebutuhan beras kita, tapi kebutuhan kita kan makin lama makin meningkat, maka saya himbau kepada masyarakat agar tidak mengalih fungsikan seperti menjadi menanam sawit, padahal potensi airnya bagus kan rugi,” kata dia menambahkan.
Reporter : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

DPRD Sarolangun Setujui KUA dan PPAS P-APBD

Kam Jul 18 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – DPRD Kabupaten Sarolangun menggelar rapat paripurna dengan agenda Laporan Banggar DPRD Kabupaten Sarolangun dan penandatanganan kesepakatan bersama Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2019, Kamis (18/07/2019) di gedung DPRD Sarolangun. Rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua […]