Didukung BNN, Sarolangun 2020 Siap Terima Pasien Rehab Narkoba

1
Bupati Sarolangun Drs H. Cek Endra saat mendampingi Kepala BNN Jambi Brigjend Drs. Heru Pranoto.

Sarolangun, Penajambi.com – Pemerintah Kabupaten Sarolangun bersama BNN Provinsi Jambi memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2019, Jumat (12/7/2019) di Laman Basamo Sriwijaya Sarolangun.
Peringatan HANI ini diwarnai dengan jalan sehat dimulai dari depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun melewati Pasar Atas Sarolangun, Simpang Raya, SMK N 4 Sarolangun hingga tiba di Lapangan Laman Basamo Kabupaten Sarolangun.
Hadir dalam acara tersebut Bupati Sarolangun H.Cek Endra, Wakil Bupati H.Hillalatil Badri, Kepala BNN Jambi Brigjend Drs. Heru Pranoto, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, Dandim 0420/Sarko Letkol. Kav Rohyat, Staf BNNP, Kepala OPD, Camat, Kades, Jajaran OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun serta tokoh pemuda, Ormas, LSM, dan sejumlah tokoh masyarakat.
Kegiatan ini juga dalam rangka pencanangan pembentukan Panti Rehabilitasi Narkoba di Kabupaten Sarolangun, yang berada di Gedung Rest Area Sarolangun saat ini.
Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan bahwa di lokasi Rest Area akan disiapkan lahan seluas 10 hektar untuk pembangunan Panti Rehabilitasi Narkoba ini. Menjelang akhir tahun ini, Pemkab Sarolangun baru hanya akan merehab gedung Rest Area untuk dijadikan tempat pengobatan para pecandu narkoba ini.
“Lahan 10 hektar, bangunan sementara itu akan kita rehab jadi tempat perawatan medis, tahun 2020 nanti akan ditambah dengan unit-unit lainnya. Januari nanti kita sudah mulai terima pasien untuk perawatan di sarolangun, kita terus berjalan tidak menunggu lengkap semua, kami yang penting sudah jalan yang sementara ini ditangani oleh dinas kesehatan, khusus merawat pecandu narkoba di sarolangun. Insa Allah kita sudah siap menerima pasien,” katanya.
Cek Endra juga mengatakan bahwa pelaksanaan pusat rehabilitasi narkoba ini juga bekerja sama dengan BNN Provinsi, bagaimana pelaksanaan teknis konseling bagi pasien, design gedung, serta bagaimana cara perawatan terhadap pecandu narkoba.
DUKUNGAN PENUH KEPALA BNN JAMBI
Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Jambi Brigjend Drs.Heru Pranoto mengapresiasi langkah Bupati Sarolangun H Cek Endra untuk mendirikan Panti Rehabilitasi Narkoba dikabupaten Sarolangun, Ini merupakan kepedulian seorang kepala daerah terhadap rakyatnya.

“Saya apresiasi kepada Pemkab Sarolangun, Insa Allah akan dibangun tempat rehab untuk mengantisipasi dan agar tidak ada masyarakat yang terpapar narkoba, kalau ada yang terpapar segera dilakukan rehabilitasi untuk penyembuhan. Pusat rehab di sarolangun ini, kita kerja sama, dimulai secara teknis, nanti kita berikan konseling bagaimana untuk rehab ini bisa berjalan dengan baik. Ini upaya yang sangat positif dari pemerintah daerah untuk menciptakan menyongsong Indonesia emas tahun 2045,” katanya.
Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa
Presiden RI Joko Widodo sudah memperingatkan bahwa indonesia ini sudah darurat narkoba, sehingga presiden mengeluarkan Inpres nomor 06 tahun 2018 dalam rencana aksi nasional, seluruh Kementrian atau lembaga membuat pencegahan peredaran gelap Narkoba.
Kedepan tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Sarolangun akan dibentuk Badan Narkotika Kabupaten (BNK), sebab hal ini sudah dari dulu dicanangkan oleh Bupati Sarolangun. Namun yang jelas, dalam pelaksanaan panti rehabilitasi narkoba ini, BNN Provinsi Jambi sudah memberikan bimbingan teknis, konsep pembentukan ruangan, konsep denah lokasi, tenaga dokter yang akan dibimbing langsung oleh BNN Jambi yang telah bersertifikasi.
“Itu memang keinginan pak bupati sudah dari kemarin, saat musrenbang kita sudah bahas itu, kita pilih daerah yang rawan, saat ini memang sudah mau dibuka. Mudah-mudahan Sarolangun nanti untuk bisa didirikan BNK, namun itu hanya bisa jika dilihat dari pertimbangan tingkat kerawanan, masyarakatnya sudah banyak yang terpapar. Dari hasil kajiannya untuk Jambi sendiri di rangking empat,” katanya.
Usai mengikuti rangkaian kegiatan HANI 2019, Bupati Sarolangun bertolak menuju Ex Rest Area lokasi pembangunan Panti Rehabilitasi Narkoba Kabupaten sarolangun, didampingi Wakil Bupati Sarolangun, Sekda dan sejumlah SKPD, Bupati melihat langsung Kondisi Gedung Rest Area yang akan dibangun menjadi Panti Rehabilitasi Narkoba Kabupaten Sarolangun
Sebelumnya Kepala BNN Jambi Brigjend Drs. Heru Pranoto, Kamis malam melakukan pertemuan dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dirumah dinas Bupati Sarolangun, pertemuan ini agenda Makan Malam bersama Bupati Sarolangun dan Sosialisasi terkait penyalahgunaan Narkotika.
Reporter : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

DPRD Sarolangun Gelar Paripurna Tingkat 1

Jum Jul 12 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sarolangun menggelar Rapat Paripurna tingkat Satu dalam agenda penyampaian Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plapon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kabupaten Sarolangun Tahun Anggaran 2019. Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Sarolangun, Jum’at (12/7/2019) pukul 16.00 Wib. dipimpin […]