Dinas Dukcapil Sarolangun Akan Terapkan TTE

Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun. M. Arsyad, (Penajambi.com/Wahid).

Sarolangun, Penajambi.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun menjelang akhir tahun 2019 ini, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat sarolangun yang ingin mendapatkan tanda tangan kepala dinas dalam kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk).
Sebab, Dukcapil Sarolangun saat ini sudah mulai menggodok untuk bisa memberlakukan tanda tangan elektronik (TTE) pada dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran.
“Kedepan kita akan menerapkan dengan regulasi dari dirjen dukcapil kemendagri, kita melaksanakan tanda tangan elektronik. Satu kali kita tanda tangan ini bisa 10 berkas yang tertanda tangani, jadi efektif dan efisien. Yang jelas akhir tahun 2019 ini kita akan laksanakan itu, tapi kapan waktunya, bulan berapa belum bisa dipastikan,” kata Kepala Dinas Dukcapil, M. Arsyad, M. Pd, Kamis (27/06), saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.
Dia mengatakan dengan penggunaan tanda tangan elektronik ini akan mempermudah pelayanan dokumen kependudukan lebih mudah. Setiap orang yang membutuhkan tanda tangan kepala dinas, tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas di kantor.
“Sekarang kan tanda tangan manual, menggunakan tinta basah dan kita harus standby untuk meneken setiap blangko, baik KK, Akte kelahiran ataupun kematian,” katanya.
“Jika masih menggunakan tanda tangan manual ini seperti sekarang, akan memperlambat padahal kita dalam rangka percepatan, makanya memang itulah tuntutan pada zaman hari ini bahwa tanda tangan di dukcapil ini tidak lagi manual,” kata dia menambahkan.
Namun, kata dia ada beberapa perangkat yang harus terpenuhi terlebih dahulu sebelum tanda tangan elektronik ini diterapkan. Salah satunya, androit khusus terkait hal tersebut serta tanda tangan kepala dinas dukcapil terdaftar di Dirjen Dukcapil.
“Ini bentuk tekhnologi yang dilaksanakan oleh kementrian dalam bentuk pelayanan adminduk. Ada jaminan keaslian, quick record (QR) code yang bisa discanner keasliannya atau keabsahan tanda tangan itu,” katanya.
“Kemudian mereka mempunya alur verifikasi dari pada berkas, bahwa yang bersangkutan sudah memikiki berkas yang lengkap dan syarat yang cukup sehingga memang itu wajib dan layak ditandatangani sesuai dengan ketepatan waktu kita bekerja,” katanya lagi.
Penulis : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Camat Air Hitam Beri Solusi Nasib Nenek Saiya

Jum Jun 28 , 2019
Camat Air Hitam, Bustra Desman, saat melihat kondisi nenek Saiya yang hidup dalam keterbatasan. Sarolangun, Penajambi.com – Mendapat informasi tentang kehidupan salah satu warganya yang sangat memprihatinkan. Camat Air Hitam Bustra Desman lansung menyambangi kediaman Nenek Saiya (60) yang berada di Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun, Kamis […]