Dinas Perkim Sarolangun Sebut Ada Bangunan Alih Pungsi Tak Sesuai IMB

Heri Antoni Kabid Kawasan Permukiman saat turun kelapangan.

Sarolangun, Penajambi.com – Pihak dinas Perkim Sarolangun akan mendata ulang sejumlah bangunan yang diduga melakukan pelanggaran atau tidak mengikuti IMB. Hal itu ditegaskan oleh kepala Dinas Perkim Syaifullah melalui Kabid Kawasan Permukiman, Heri Antoni kepada awak media ini mengatakan, kondisi tersebut banyak ditemukan di Kecamatan Singkut dan Kecamatan Sarolangun.
“Kita sudah dapat laporan tentang adanya sejumlah bangunan di Singkut dan Sarolangun yang disinyalir alih pungsi dan ini akan kami tindak lanjuti sebab tidak sesuai lagi dengan IMB awal,” kata Heri, Rabu (14/08/2019).
Meskipun tidak disebutkan secara detail namun dia menyebutkan bangunan itu ada yang dialihkan ke tempat sarang burung walet, “misalnya awal buat ruko tapi ujung-ujungnya buat usaha burung walet,” sambung Heri menjelaskan.
Namun meskipun demikian, dia menyayangkan sikap pihak kecamatan dan kelurahan serta pihak desa yang seolah cuek dengan kondisi tersebut. Padahal kata dia pihak Perkim sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada para camat dan para lurah.
“Kalau kami sudah memberikan himbauan tertulis agar para Camat, Lurah dan Kades agar mereka menyampaikan kepada warganya tentang prosedur bangunan yang telah ditetapkan dalam perda nomor 29 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan nomor 47 tahun 2014 tentang pedoman izin mendirikan bangunan (IMB),” terang Heri lagi.
Dia berharap, Camat setempat dapat membantu pihak perkim dalam mensosialisasikan persoalan IMB ini.
“Kalau ada temuan di wilayah mereka tolong ditegur dan diberitahukan bahwa ini tidak sesuai aturan. Sebab kami hanya sebagai dinas tekhnis dan mereka perpanjangan tangan bupati di sebuah wilayah,” katanya.
Ditanya apakah ada sanksi tegas terhadap pemilik bangunan yang melangar, dia menjawab tegas akan melakukan eksekusi bersama TIM.
“Ada tahapan semua, pertama himbauan kepada yang bersangkutan, kedua apabila himbauan tidak diindahkan akan kami berikan teguran tertulis tiga kali berturut-turut, kemudian teguran terakhir tidak juga di indahkan maka dinas tekhnis Perkim, Perhubungan tentang DMJ, DPTSP Pol PP bagian hukum akan berkoordinasi dengan Camat, Lurah, Kades, Babin Kamtibmas, Danramil akan melakukan Eksekusi,” pungkasnya.
(Nil)

Leave a Reply

Next Post

Pada Rapat Karhutla Di Sarolangun Tak Semua Perusahaan Hadir

Rab Agu 14 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam waktu dekat ini akan melakukan pengecekan alat kelengkapan pemadam kebakaran di masing-masing perusahaan yang ada di Kabupaten Sarolangun. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan peran serta pihak perusahaan dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Sarolangun. “Saya minta kita semua ikut berpartisipasi […]