Dinsos: Orang Gila Jangan Dipasung Atau Dibuang Ke Jalan

Abu Bakar Kabid Rehabilitasi Sosial, (Penajambi.com/Husnil Aqili).

Sarolangun, Penajambi.com – Pihak Dinas Sosial Kabupaten Sarolangun, menghimbau agar masyarakat menjaga dengan baik jika ada keluarga yang mengalami gangguan jiwa dengan segera memberikan laporan untuk segera ditangani.
“Orang gila ini juga manusia, cuma memang lagi sakit tentu butuh solusi supaya mereka bisa berobat, jadi jangan ditelantarkan apalagi sampai dibuang kejalan itu yang tidak boleh, kasihan kita. Kalau ada laporkan akan kita berikan solusi,” kata Abu Bakar, Kabid Rehabilatasi Sosial ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2019).
Dia menjelaskan, untuk memastikan seorang ada gangguan jiwa atau tidak pihaknya tidak bisa, namun bisa dicek di rumah sakit jiwa Jambi (RSJ).
“Kami menangani orang terlantar dan gangguan kejiwaan, cuma untuk memastikan seseorang itu sakit jiwa atau tidak makanya perlu cek medis di rumah sakit jiwa Jambi, kami akan pasilitasi dan selama ini kalau rekom dinsos langsung ditangani oleh pihak sana,” terangnya.
Masih kata Abu Bakar, dari tahun 2018 telah ditangani sebanyak 24 orang masing-masing dari kecamatan CNG, Bathin VIII, Air Hitam, Singkut, Sarolangun dan Batang Asai, dan ada juga 2 orang yang diluar kabupaten yakni Tebo.
“24 orang ini sudah direhab semua, dan alhamdulillah sembuh dan kita kembalikan ke keluarganya, sementara untuk warga yang terlantar 1 orang dan juga kita kembalikan ke tempat tinggalnya di Musi Rawas,” terangnya lagi.
Namun meskipun demikian, dia mengaku sedikit terkendala persoalan mobil khusus antar jemput pasien gangguan jiwa dan terlantar, oleh sebab itu kedepan akan dianggarkan pembelian mobil.
“Sudah kita anggarakan cuma belum dikabulkan, padahal ini sangat penting apalagi bawa orang gangguan jiwa. Kedepan kami akan coba anggarakan lagi disamping kami coba lobi kementerian, yah mohon doanya sajalah,” harapnya.
Penulis : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Pasca Banjir, Stok Bantuan Bencana Menipis

Sel Jul 2 , 2019
Asmiati Amran, Kabid Linjamsos, (Penajambi.com/Husnil Aqili). Sarolangun, Penajambi.com – Pasca musim penghujan dan memasuki musim kemarau bantuan bencana mulai menipis. Hal itu dikatakan oleh Asmiati Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sarolangun, Selasa (2/7/2019). “Stok tinggal sedikit di gudang,” kata dia. Menipisnya stok tersebut karena banyaknya pegeluaran bantuan untuk warga […]