Forkopimda Tanda Tangani Pakta Integritas Bersama Bangun Zona Bebas Dari Korupsi

Bupati Cek Endra, Kajari Ikhwanul Hakim dan Kapolres Akbp Dadan Wira Laksana saat melalukan penandatangan Pakta Integritas, (Penajambi.com).

PENA SAROLANGUN – Kejaksaan negeri (Kejari) Sarolangun Provinsi Jambi bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat menggelar Penanda tanganan pakta integritas dan komitmen bersama, pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK), wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di aula Kejaksaan Negeri Sarolangun, Kamis (31/1).
“Ini merupakan komitmen pimpinan paling atas tentunya, untuk kita tindaklanjuti ke bawah secara bersama-sama. Makanya, disini dengan adanya penanda tanganan pakta integritas ini serta komitmen bersama dalam hal mewujudkan WBK dan WBBM ini,” kata Kepala Kejaksaan negeri (Kajari) Sarolagun Ihkwan Nul Hakim, dalam Wawancara.
Ia mengatakan, bahwa hal ini juga merupakan suatu political will bersama, aparat kejaksaan untuk menjadi yang lebih baik. Tujuannya bagaimana dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Karena bagaimanapun juga Kejaksaan itu adalah hubungan langsung dengan masyarakat, baik itu hal pengaduan, laporan masyarakat dan segala macamnya tentu harus direspon dengan baik. Karena itulah kunci dalam pelayanan publik.
Ia menyebut, contohnya salah satunya adalah soal tilang sim dan persoalan besuk pada penghuni lapas. Jika ada yang dipersulit kita minta segera laporkan ke pihak kita.
“Demikian juga halnya dengan penanganan perkara, yang tidak sesuai dengan SOP. Terlampau lama, di perpanjang segala macam, silakan laporkan kepada kami. Sehingga penanganan perkara tersebut dapat berjalan sebagaimana sesuai Standar Operasinal Prosedur (SOP) yang ada pada kami,” kata Kajari.
Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya menjadi yang termasuk bertanggungjawab terhadap persoalan itu, sebgai perwakilan Polda Jambi.
“Kami menjadi perwakilan Polda Jambi untuk pelaksanaan hal ini. Insya Allah nanti bulan dua akan dimulai, kemudian untuk tim asistensi sudah datang untuk menyampaikan mengenai tahapan-tahapan kegiatan tersebut,” katanya.
Sementara itu dikesempatan yang sama. Bupati Sarolangun H Cek Endra mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung terhadap pelaksanaan program ini dan telah dilakukan pihaknya yang telah dibina dalam kegiatan korsupgah KPK.
“Saya pikir ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Sarolangun, yaitu kita juga sebagai yang dibina oleh KPK, rekomendasinya persis seperti ini,” kata Bupati.
Ia berharap seluruh unsur Pemerintahannya mendukung ini semua. Semua forkopimda melaksanakan ini termasuk Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam rangka mewujudkan zona bebas korupsi ini.
“Salah satunya saat ini kita melakukan kerjasama aplikasi smart city dengan Pemerintah Kota Bandung full akan kita laksanakan, 78 aplikasi perizinan sudah online pada hari ini,” katanya.
Ia menyebut, semua Organisasi Perangka Daerah (OPD) mulai melaksanakan ini, jadi sistem kita benahi tapi tidak lepas sampai disitu saja dan yang terpenting sekali adalah pengawasan.
“Kedepan kami akan terus secara konsisten mengawasi ini, sistem yang sudah kita rubah dengan elektronik semua. Tidak ada lagi pungutan-pungutan liar, waktunya begitu cepat dan semuanya untuk melayani masyarakat untuk lebih baik,” kata Bupati lagi.
Pada acara penandatangan ini setiap pejabat Kejaksaan Negeri Sarolangun membubuhkan tanda tangannya, yang juga diikuti oleh Bupati, Kapolres, Ketua Pengadilan, Pihak Lapas dan unsur Forkopimda yang hadir lainnya.
Penulis : Husnil Aqili
Editor    : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Rapat Bersama BPK, Al Haris Singgung OPD

Kam Jan 31 , 2019
PENA MERANGIN – Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten merangin, pada Kamis (31/01) gelar rapat pertemuan bersama Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan dari Provinsi jambi tahun 2019. Dalam acara tersebut, diikuti Seluruh Kepala SKPD Lingkup pemerintah kabupaten merangin, dan Camat Se-kabupaten Merangin Yang bertempat di ruang Pola I kantor bupati merangin. Dia […]