Gagal Raih Cita Adipura, Ini Kata Bupati CE

Bupati CE saat diwawancarai, (Penajambi.com).

PENA SAROLANGUN – Kabupaten  Sarolangun di tahun 2018 belum bisa kembali marajut mimpi untuk meraih predikat penghargaan adipura dari  kementrian lingkungan hidup  Republik Indonesia.
Padahal diketahui dulunya, Kabupaten yang bersimbol,” bumi sepucuk adat serumpun pseko tersebut” secara berturut-turut pernah lima kali meraih predikat itu. Yakni pada 2009 hingga  2013.
Namun pada tahun 2018 ini, kesulitan kembali terjadi, hal itu diakui oleh Bupati Cek Endra, menurutnya hingga 2021 pemkab  tidak mampu meraih itu kembali. Dikarenakan pemkab  belum memiliki tempat  pembuangan akhir (TPA) berbasis Sanitary Lanfill.
“Kategori perolehan Adipura di Sarolangun, secara garis besar sudah mumpuni namun hanya terkendala dengan tempat wpembuangan sampah yang belum terealisasi dengan baik sehingga pemkab gagal merebut adipura, salah satunya belum sanitary,” katanya. (23/01).
Menurutnya untuk meraih itu kembali membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang, yakni dengan menganggarkan pembangunan TPA ditahun 2019.
“Kita sudah anggarkan seluas 10 hektar lahan untuk membangun TPA baru, sebelum TPA diperbaiki sistemnya kita akan kesulitan, sebab sistem sanitary lanfill itu salah satu syarat penting,” terangnya.
Namun meskipun demikian dia tetap meminta, agar semua instansi yang membidangi kebersihan dan penataan kota sarolangun jangan lengah dan harus bekerja dengan baik walaupun pemkab belum memperoleh adipura.
“Semua harus tetap fokus, dan kerja keras tentunya sehingga di tahun 2021 nanti kita bisa meraih kembali adipura,” tandasnya.
Penulis : Fikri
Editor    : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Jawab Zaman, Tiga Bulan Kedepan GEN Bina Generasi Merangin

Rab Jan 23 , 2019
Ratusan Peserta fokus mengikuti proses belajar di lembaga kursus GEN, (Penajambi.com). PENA MERANGIN – sejak dibukanya kursus yang dipelopori Lembaga Global English Network (GEN) bersama partai perindo, di kabupaten Merangin-Jambi. Kurang lebih 225 orang peserta yang ikut program tersebut terus semangat dan antusias dalam mengikuti proses belajar. Guru yang didatangkan […]