Hadiri Rakor Kearsipan, Wabup Hillal Tekankan: Saya Harap Ada Solusi Soal Masalah Arsip

Sarolangun, Penajambi.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) program Kearsiapan Se-Provinsi Jambi, di Aula Hotel Abadi Sarolangun, Selasa (06/08/2019).
Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Syamsurizal mengatakan pelaksanaan rakor kearsipan tingkat provinsi Jambi merupakan kegiatan perpaduan perencanaan pelaksanaan pengembangan Kearsiapan antara pemerintah Kabupaten/Kota, pemerintah provinsi Jambi dan pemerintah pusat dalam hal ini Perpustakaan dan Arsip Republik Indonesia yang didasari pada UU RI No 43 tahun 2009 Tentang kearsipan.
Hasil Rakor Kearsipan yang ingin dicapai, katanya terwujudnya sinergitas program kearsipan, kesinambungan program perpustakaan provinsi Jambi dengan perpustakaan kabupaten dan kota dalam penyusunan RPJMD tahun 2021, terciptanya pemantapan sinergitas program Kearsiapan tingkat Provinsi Jambi.
“Tujuan rakor ini dilaksanakan untuk menyelamatkan program Kearsiapan antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi Jambi dan kabupaten/kota, agar tercapai sinergitas program. Kemudian bertujuan untuk pemantapaan kebijakan program pengembangan kearsiapan tingkat provinsi Jambi tahun 2019,” katanya.
Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini tentu sangat diperlukan untuk meningkatkan sinkronisasi dan sinergitas program pengembangan Kearsiapan kabupaten/kota se provinsi Jambi, dengan tujuan untuk menjamin ketersediaan arsip kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah, yang dijadikan sebagai alat bukti yang otentik dan sah, serta dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dalam pengelolaan arsip yang otentik dan terpercaya.
“Maka diperlukan pengelolaan dan pengawasan kearsipan sesuai dengan prinsip dan kaidah standar kearsipan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Saya harap melalui rakor ini dapat menghasilkan solusi terhadap masalah kearsipan yang dihadapi dari seluruh kabupaten/kota agar mendapatkan predikat yang lebih baik,” katanya.
Staf Ahli Gubernur Jambi Asraf mengatakan, pelaksanaan kegiatan rakor kearsipan ini tentu perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan Jambi tuntas 2021, sebagai ajang membuka dan menambah wawasan dalam menunjukkan kompetisi dan profesionalitas dalam melaksanakan pembangunan dan ke sinkronan kearsiapan di provinsi Jambi.
Sesuai dengan PP nomor 28 tahun 2018 tentang kearsipan, katanya program kearsipan ini perlu disadari merupakan satu kesatuan yang saling terkait, arsip harus dapat dipahami sebagai sesuatu yang penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.
“Peserta rakor saya harap ikuti dengan kesungguhan sehingga dapat memperoleh kebijakan strategis dalam pengelolaan kearsipan, dan juga dapat berdedikasi dalam menjalankan arsip pemerintahan, memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan visi dan misi kabupaten/kota masing-masing,” katanya.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Peltu Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Drs Sumrayadi, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Asraf, S.Pt, M.Si, Wakil Bupati Hillalatil Badri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, H Syamsurizal, SE, M.SI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Sarolangun Ali Amri serta DPAD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, Para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, para Nara Sumber serta para peserta rakor yang hadir.
(Hrp)

Leave a Reply

Next Post

Pengurus GMS Resmi Dikukuhkan

Rab Agu 7 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Pelantikan pengurus Organisasi Gerakan Mahasiswa Sarolangun (GMS) masa Khidmat 2019-2020, Rabu (07/08/2019), di gedung LPTQ Sarolangun berlangsung dengan sukses. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Ketua Dewan Pembina GMS Akmaludin, S.Pd, beserta anggota Husnil Aqili, S.Pd.I, Amarullah, S.Pd.I, Abdul Rahman Wahid, S.Pd.I, […]