Jabatan Sekda Sarolangun Akan Dilelang, Siapakah Yang Layak

Foto: Ilustrasi/Net.

Sarolangun, Penajambi.com – Jabatan Sekretaris daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, akan segera berakhir tahun ini, mengingat pejabat Sekda saat ini Tabroni Rozali akan memasuki usia pensiun.
Kondisi tersebut tentunya menjadi tanda tanya dibenak masyarakat Sarolangun. Siapakah yang layak untuk memperebutkan jabatan strategis ini???
Waldi Bakri selaku kepala BKPSDM Sarolangun, diwawancarai usai menghadiri penutupan Diklatpim di Aula Kantor Bappeda, Rabu (26/6). Bahwa pihaknya akan segera merencanakan persiapan proses lelang bersama pihak BKD Provinsi Jambi.
“Iya, jabatan Sekda akan berakhir tahun ini, kemungkinan kita akan adakan lelang,” kata Waldi.
Dia menerangkan bahwa lelang tersebut akan diprogreskan pada bulan sembilan tahun ini selama tiga bulan yakni September hingga November.
“Progres kerja kami itu akan dilaksanakan pada bulan Sembilan (September) akhir, karena kami prediksi akan selesai selama tiga bulan, yaitu bulan Sembilan, sepuluh dan sebelas. Ini akan dilaksanakan tersendiri,” terang dia.
Ia mengatakan, pada saat pelaksanaan lelang tersebut pihaknya hanya sebagai fasilitator dan namun yang menjalankannya adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi. 
“Hal ini dilaksanakan, karena memang enam bulan sebelum memasuki masa pensiun jabatan itu boleh dilelang,” ujar Waldi.
Saat ditanya tentang kepada sosok siapa saja yang akan mengikuti dan akan mengemban jabatan tersebut berikutnya, ia masih enggan menyebutkannya dan menyatakan tidak tau siapa orangnya.
“Kita tidak tau, kan dilelang. Masa’ lelang ada gambarannya, saya pun boleh ikut ko’ dan siapapun boleh ikut,” katanya.
Ditanya apakah kriteria dan atau memang harus putra daerah ataukah bisa dari luar untuk ikut andil dalam kontestasi tersebut.
“Kalau proyeksi itu sah sah saja, asal putra terbaik Sarolangun silahkan. Kita berharap begitu, kalau saya ditanya secara pribadinya kita memang ingin orang-orang kita Sarolangun, namun inikan nasional ini dibuka, orang luar boleh masuk ikut lelang,” jelas
Tapi pihaknya disini berharap memang kader-kader Bupati inilah nanti yang naik. Karena katanya Lelang ini terbuka, panitia Provinsi, tidak ada intervensi Bupati juga tidak bisa.
Selanjutnya dalam proses itu. Apakah nanti akan ada ketentuan harus yang pernah menjabat di OPD tertentu sudah berapa kali. Ia menyebut itu juga termasuk kewenangan dari panitia seleksinya.
“Nanti itu panitia lelang yang punya kewenangan, kalau secara aturan itu golongannya harus IVB minimal, eselon nya eselon IIB kalau Pak Sekda yang sekarang kan eselon IIA. Boleh juga eselon IIA yang ikut silahkan,” katanya.
Soal lainnya lagi adalah hak panitia nanti, seperti harus bisa bahasa Inggris misalnya, tergantung pansel mana yang akan digunakannya dan asassement centre mana yang akan dipakai. Setelah itu harus sesuai dengan kebutuhan daerah.
“Contohnya yang bersangkutan harus memahami adat istiadat kita, itu kan dinamika lokak namanya. Cuma yang tidak boleh itu ia harus agama ini agama itu, itu tidak boleh, itu Diskriminatif. Harus cewek atau harus cowok itu juga tidak boleh, pokoknya disesuaikan dengan kewenangan pansel,” katanya lagi.
Penulis : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Belasan Siswa SMA/SMK Sederajat Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kam Jun 27 , 2019
Pembukaan acara lomba karya ilmiah di ruang pola kantor Bappeda Sarolangun, (Penajambi.com/Wahid). Sarolangun, Penajambi.com – Belasan siswa SMA/SMK Se-derajat mengikuti lomba karya ilmiah, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun tahun 2019. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Bappeda H Lukman, MPd, di ruang aula kantor Bappeda Sarolangun, […]