Pemkab Merangin Bersiap Hadapi Adipura

Merangin, Penajambi.com – Dalam sepekan ini Kota Bangko kembali akan dibersihkan secara total dari butiran sampah. Tidak hanya bersih dari sampah, tapi Kota Bangko juga harus rapi dan indah.
Ada apa yach? Ternyata sepekan lagi akan ada tim yang akan turun memantau titik-titik penilaian Adipura. Hal ini berdasarkan rapat persiapan penilaian Adipura 2019 yang berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati Merangin.
Pada rapat yang dipimpin Plt Sekda Merangin H Hendri Maidalef tersebut, dipaparkan titik-titik yang akan menjadi penilaian Adipura. “Jadi titik-titik yang belum beres, tolong segera dibereskan,” ujar Plt Sekda.
Titik-titik penilaian Adipura itu meliputi, kawasan perumahan Jalan Work Shop Bangko, Perumahan Jalan Teuku Umar Bangko, Perumahan Jalan Taqwa Bangko, dan Perumahan Merangin Jaya Bangko.
Untuk jalan utama dan materi yang akan dinilai kebersihannya, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Prof M Yamin, Jalan Makalam, Jalan Hasanudin, Jalan A Raman Syukur dan Jalan Kesehatan Bangko.
Kawasan perkantoran meliputi, kawasan Kantor Bupati Merangin, Kantor Perkerjaan Umum, Dinas Perkim, Dinas Lingkungan Hidup, Kantor Lurah Pematang Kandis dan Kantor Lurah Pasar Bangko.
Sedangkan untuk sekolah yang menjadi terget penilaian Adipura, SMA Negeri 01 Merangin, SMP Negeri 01 Merangin, SMP Negeri 4 Merangin, SD Negeri 01 Bangko, SD Negeri 753 Bangko, SD Negeri 287 Bangko.
Selain itu terpenting kawasan Pertokoan Pasar Bawah, Pasar Bawah Bangko, Pasar Atas Bangko, Pasar Baru dan lingkungan pasar lainnya. “Penilaian Adipura juga akan sampai ke tingkat ibu kota kecamatan,” terang Plt Sekda.
Tidak sampai disitu, kebersihan kawasan RSD Kol Abundjani Bangko, Puskesmas Pasar Atas Bangko, Puskesmas Pematang Kandis Bangko juga akan menjadi sasaran penilaian Adipura 2019.
Begitu juga dengan Taman Kota seperti, Taman Batu dan Taman Bukit Tiung. Terminal Bus Pulau Tujuh Bangko dan Terminal Jangkat Pasar Bawah serta Tempat Pembuangan Sampah Akhir Langling.
Kebersihan bantaran Sungai Batang Masumai dan bantaran Sungai Batang Merangin juga jadi titik penilaian Adipura 2019. Hutan Kota kawasan Arboretum Rio Alif dan Fasilitas pengelolaan sampah skala kota di FSSK Rumah Plastik Bangko.
Lebih dari itu bank sampah juga tidak luput dari titik penilaian Adipura, seperti bank sampah rumah plastik dan kompos, TPS 3R Sungai Ngawan, TPS 3R Batang Telanak, rumah kompos IBRD, rumah kompos Pasar Rakyat dan bank sampah Karya Jasuma.
Salurah terbuka di depam Gedung DPRD Merangin juga akan dinilai kebersihan dan keindahannya. Termasuk bank sampah induk Karunia Illahi dan bank sampah induk Limbah Cahaya.
Terkait menghadapi penilaian Adipura tersebut, Plt Sekda Merangin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Kota Bangko yang bersih, rapi dan indah.
“Para Camat, Lurah dan ketua Rt harus terus membudayakan gotongroyong membersihkan lingkungan pada setiap pagi minggu. Berkat kerjasama ini, Insya Allah Merangin kembali meraih Adipura pada 2019 ini,” harap Plt Sekda.
Amin (Hms)

Leave a Reply

Next Post

Laman Basamo Akan Ditambah Lampu Hias, Cuma Dinas PU Khawatir

Sen Agu 5 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Sejumlah fasilitas di Laman Basamo Sriwijaya, di Kelurahan Pasar, Kecamatan Sarolangun kerap dirusak oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Salah satunya, tulisan “Laman Basamo Sriwijaya” yang saat ini sudah rusak. Padahal lokasi ini sangat menarik sekali bagi pengunjung karena sangat cocok untuk dijadikan sebagai swafoto, selfie bersama […]