Petani Di Sarolangun Mulai Pakai Sistem E-RDKK

Kepala Dinas TPHP Sarolangun H Sakwan,(Penajambi.com/Bambang).

Sarolangun, Penajambi.com – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun, saat ini seluruh petani telah menggunakan sistem Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Sakwan, Senin (1/7/2019).
“Sistem E-RDKK masih baru dikalangan petani khususnya di Kabupaten Sarolangun, jadi sekarang untuk proses penginputan data para petani masih didampingi oleh PPL,” katanya.
Lanjutnya, kedepan para petani akan melakukan pengambilan pupuk subsidi dengan cara yang berbeda yaitu menggunakan kartu tani.
“Sebelumnya kita masih gunakan sistem RDK, yaitu petani mengajukan kepada pengecer lalu melakukan penebusan kepada distributor dan petani baru bisa mengambil pupuk subsidi tersebut,” bebernya.
Kedepan, untuk kebutuhan pupuk subsidi tidak lagi berdasarkan alokasi, namun berdasarkan penginputan pada sistem E-RDKK. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh petani untuk segera menyelesaikan penginputan data.
“Saat ini kita terapkan, namun belum mencapai seratus persen, diharapkan dengan E-RDKK petani kita akan lebih maju. Selain itu juga E-RDKK salah satu wujud mendukung program dari Bapak bupati kita yaitu Smart City,” tuntasnya.
Reporter : Bambang
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Cagar Budaya Sarolangun Kian Terkikis, Helmi Jadikan Itu PR Besar

Sen Jul 1 , 2019
Helmi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, saat diwawancarai di ruang kerjanya, (Penajambi.com/Husnil Aqili). Sarolangun, Penajambi.com – Meskipun baru selesai dilantik dua minggu yang lalu, namun kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Sarolangun. Helmi SH telah menemukan inovasi yang menjadi fokus pekerjaan rumah (PR) kedepan. Terutama membangkitkan kembali nilai-nilai peninggalan sejarah yang ada […]