Puluhan Koperasi Di Sarolangun Gulung Tikar

Kabid Kopersi beserta Staf saat meninjau aktivitas di kantor koperasi.

Sarolangun, Penajambi.com – Dari Data Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sarolangun, jumlah koperasi yang ada saat ini 287 koperasi yang terdiri dari koperasi aktif sebanyak 196 unit dan koperasi yang tidak aktif sebanyak 91 unit. Dari ratusan koperasi ini beranggotakan dengan jumlah 16.234 orang.
Kabid KOPERASI, Disperindagkop, Suadi mengaku dari pantauan sekarang memang ada puluhan koperasi yang sudah tidak ada kegiatannya lagi atau lumpuh kegiatan.
“Namonya (koperasi) ada, tapi kegiatan tidak ada lagi, biasanya kalau lumpuh seperti ini itu terkendala modal atau sistem pengelolaan yang bermasalah,” katanya, Selasa (30/07/2019).
Dengan banyaknya koperasi yang sudah tidak aktif itu, pihaknya saat ini sedang berupaya agar bisa memanfaatkan aset-aset tersebut. “Kalau memang ada dibuat unit usaha penggabungan,” katanya.
Namun pihaknya masih mengacu regulasi dan aturan yang berlaku jika koperasi tersebut akan dibubarkan. Hal ini masih dalam tahap penggodokan data, agar keputusan nanti bisa diambil secara tepat dan tidak merugikan beberapa pihak.
“Untuk membubarkan juga kita butuh regulasi dan aturan, tidak sembarangan, karena membentuknya juga susah,” katanya
Lanjutnya, bahwa berdasarkan instruksi menteri koperasi dengan banyaknya koperasi yang sudah tidak aktif ini, bukan hanya di Sarolangun saja, melainkan seluruh Indonesia mengalami hal sama.
“Tidak boleh lagi membentuk atau menambah koperasi, tapi aktifkan koperasi yang ada,” katanya.
Reporter : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

41 Titik Hotspot Terpantau Di Sarolangun

Sel Jul 30 , 2019
Foto: Kabid Kedaruratan Yen Iswadi, (Wahid/PJ). Sarolangun, Penajambi.com – Badan Penanggukan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun mencatat hingga saat ini ada 41 titik hotspot terpantau dari satelit yang tersebar di beberapa kecamatan. Kepala BPBD Trianto, Melalui Kabid Kedaruratan Yen Iswadi, Selasa (30/07/2019), mengatakan bahwa jumlah titik hotspot yang terpantau tersebut […]