Sakwan Nilai Kinerja PPL Honorer Lemah

Sakwan Kadis TPHP Kabupaten Sarolangun.

Sarolangun, Penajambi.com – Kinerja Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang berstatus sebagai Honorer Daerah yang ada di Kabupaten Sarolangun dinilai masih lemah.
Hal itu dikatakan lansung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun Sakwan, masih perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia para PPL yang berstatus Honor Daerah.
“PPL itu ada 3, PNS, Tenaga Harian lepas (THL), dan honor daerah kalau untuk PNS dan THL ok lah sudah terlatih, sedangkan untuk PPL honor daerah kadang belum terlatih, mungkin karna ada yang tamatan SMA, tidak semua tamatan SMK,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/07/2019).
“Kadang kalau desanya berdekatan para PPL PNS dan THL ikut membantu, dan bertanya kepada mereka, tapi itukan tidak mungkin setiap hari,” katanya lagi.
Ia juga menjelaskan, pelatihan yang akan diadakan tidak hanya berupa kegiatan formal tapi juga berupa non formal yang akan dilaksanakan ditingkat kecamatan.
“Agar bisa bersaing dengan PPL lainnya, karna untuk menjadi PPL kan, ada standarnya, paling tidak PPL honor daerah harus tahu dengan analisa usaha tani,” jelasnya.
Dari data yang dimiliki oleh Dinas TPHP Sarolangun tercatat Petugas Penyuluh Lapangan Sarolangun secara keseluruhan berjumlah 149 petugas.
Reporter : Hendri
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Subling Ke 203, Bupati Cek Endra Minta Doakan Keselamatan JCH

Sel Jul 30 , 2019
Sarolangun, Penajambi.com – Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra melakukan sholat shubuh berjamaah di Mesjid Jamiatul Inshan, Desa Tingting, Kecamatan Sarolangun, Selasa (30/07/2019). Mesjid tersebut merupakan yang ke-203 dikunjungi oleh tim pelopor gerakan subuh keliling ini. Seperti biasanya gerakan subuh keliling ini Bupati didampingi puluhan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten […]