Cagar Budaya Sarolangun Kian Terkikis, Helmi Jadikan Itu PR Besar

Helmi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, saat diwawancarai di ruang kerjanya, (Penajambi.com/Husnil Aqili).

Sarolangun, Penajambi.com – Meskipun baru selesai dilantik dua minggu yang lalu, namun kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Sarolangun. Helmi SH telah menemukan inovasi yang menjadi fokus pekerjaan rumah (PR) kedepan.
Terutama membangkitkan kembali nilai-nilai peninggalan sejarah yang ada di bumi sepucuk adat serumpun pseko yang selama ini kian terkikis oleh zaman.
“Kedepan disamping kita fokus kualitas pendidikan, saya juga akan fokus pada kebudayaan, bagaimana membangkitkan kembali marwah Sarolangun yang kaya akan nilai-nilai sejarah peninggalan nenek moyang kita dulu,” kata Helmi ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/7/2019).
Menurut Helmi, hampir setiap desa dan kecamatan di Sarolangun memiliki peninggalan sejarah, diantaranya sejarah Beatrix, Benteng Belando, Bedil Pak Linggam, Tugu Kapal karam, sejarah Puyang Jenggot yang konon ceritanya memiliki jubah bisa terbang.
“Saya sudah diskusi dengan kabid kebudayaan bagaimana ini segera kita bangkitkan, sebab kasihan generasi kita nanti tidak paham dengan sejarah tempat dia sendiri, inikan bahaya, nah ini PR,” katanya.
“Selama ini mindset persoalan bagaimana menyelamatkan budaya ini seolah kurang diperhatikan padahal ini penting sekali sebuah education bagi anak cucu kita nanti,” katanya menambahkan.
Selain itu, dia juga akan menyelesaikan PR bagaimana kajian ilmu adat bisa diterapkan di setiap sekolah melalui muatan lokal seperti yang diinginkan pak bupati.
“Saya pikir ini tidak akan terwujud jika tidak didukung, oleh sebab itu saya mohon doa dan dukungan semua pihak agar progres ini bisa terlaksana dan cagar kita bisa terjaga,” tandasnya.
Reporter : Husnil Aqili
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Terpilih Jadi Ketua PDI-P Sarolangun, Hillal: Soal Syaihu Saya Tak Ikut Campur

Sen Jul 1 , 2019
Hillalatil Badri ketua DPC PDI-P Kabupaten Sarolangun, (Penajambi.com/Wahid). Sarolangun, Penajambi.com – H. Hillalatil Badri resmi diamanahkan menjadi ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Sarolangun untuk lima tahun kedepan. Hal itu berdasarkan hasil konferensi cabang secara serentak yang digelar di aula DPD PDIP Provinsi Jambi, Minggu […]