Disdikbud Sarolangun Siapkan Tiga Jalur PPDB

Foto: ilustrasi/Net.

Sarolangun, Penajambi.com – Beberapa hari terakhir ini Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah mulai melakukan penerimaan peserta didik baru (PPDB).
Pendaftaran dimulai sejak 17 Juni hingga pada 22 Juni mendatang, sesuai surat edaran yang dilayangkan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun bagi sekolah TK, SD dan SMP di Kabupaten Sarolangun.
Kepala Dinas Pendidikan, Lukman melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Murtoyo, Rabu (19/06), saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pada penerimaan peserta didik baru ini pihaknya menerapkan tiga jalur, sesuai dengan permendikbud RI nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK.
“Kita menindaklanjuti surat edaran nomor 420/736/sekretariat/v/2019, membuat sk zonasinya seluruh sekolah yang bisa mendaftar dan termasuk wilayahnya. Kita siapkan tiga jalur, yakni¬† jalur prestasi, zonasi dan pemindahan orang tua (domisili),” katanya.
Ketiga jalur itu, kata Murtoyo setiap sekolah harus memberlakukan jalur zonasi wilayah mencapai 90 persen, sementara untuk jalur prestasi dan pindah domisili orang tua, masing-masing dibatasi dengan maksimal 5 persen.
“Tujuannya supaya penerimaan siswa baru ini merata, dan dalam surat edaran kita itu juga sudah dilengkapi dengan kuota penerimaan siswanya. Nanti, para siswa baru yang mendaftarkan akan dicek alamatnya dimana, jarak dari rumah sampai ke sekolah dan itu akan jadi penilaian,” katanya.
Ia juga menegaskan bahwa dalam pendaftaran peserta didik yang baru ini tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis, bahkan pihak sekolahpun tidak diperkenankan untuk mengakomodir pembelian pakaian kecuali pakaian olahraga, pakaian batik, pakaian muslim namun tidak dijadikan sebagai persyaratan pendaftaran ulang.
“Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis, sekolah tidak dibenarkan mengkoordinir pembelian pakaian kecuali pakaian olahraga, pakaian batik, dan pakaian muslim, setelah mendapatkan persetujuan dari komite sekolah dan tidak dijadikan sebagai persyaratan pendaftaran ulang, maka kami himbau sekolah jangan melanggar aturan yang sudah ada, ikuti sesuai ketentuan yang ada dalam PPDB,” katanya.
Dalam edaran yang dilayangkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun, dijadwalkan Pengumuman PPDB mulai tanggal 27 mei s. d 15 juni 2019, pendaftaran dimulai tanggal 17 s.d 22 juni 2019, verifikasi berkas 18 s.d 26 juni 2019, pengumuman hasil PPDB tanggal 27 Juni 2019, 1 s.d 6 juli 2019 pendaftaran ulang dan pengenalan lingkungan sekolah mulai 15 s.d 17 juli 2019.
Penulis : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Kajari Sarolangun Sorot Galian C Banyak Tak Punya Izin

Kam Jun 20 , 2019
Kajari Sarolangun Ikhwanul Hakim SH saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, (Penajambi.com/Husnil Aqili). Sarolangun, Penajambi.com – Kepala Kejaksaan Sarolangun Ikhwanul Hakim SH, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (20/6), menyoroti banyaknya galian C beroperasi di sepanjang sungai yang berada diwilayah Sarolangun belum memiliki izin. “Iya banyak sekali, padahal izin itu wajib […]