DPAD Sarolangun Bawa Siti Baizura Siswi SD Pasar Lomba Bercerita Tingkat Nasional

Sarolangun, Penajambi.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun berhasil mengharumkan nama baik Kabupaten Sarolangun ditingkat Provinsi Jambi, khususnya di ajang Lomba Bercerita Tingkat SD yang diikuti seluruh Kabupaten se-Provinsi Jambi setelah berhasil meraih juara I pada ajang tersebut.
Dengan demikian, DPAD Sarolangun akan mewakili Provinsi Jambi dalam mengikuti lomba Bercerita tingkat SD ini ke tingkat Nasional, yang akan dilaksanakan pada awal bulan September mendatang.
Kepala DPAD Ali Amri, kepada PenaJambi mengatakan, lomba Bercerita ini dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Provinsi Jambi pada 25 Juli yang lalu. Setiap peserta yang mewakili Kabupaten masing-masing akan menampilkan bakat terbaiknya untuk bercerita dihadapan para hadirin dan juga para dewan juri.
Katanya, dari Kabupaten Sarolangun, lomba Bercerita ini ini diwakili oleh Siswi SD 01/VII Pasar Sarolangun, bernama Siti Baizura, kelahiran Sarolangun, 11 Desember 2007, dan kedua orang tuanya bernama Syaiful Bakri dan Anita Zuhdi.
Siswa SD 01/VII Pasar Sarolangun ini dalam perlombaan bercerita ini mengangkat cerita dengan judul “Tanjung Putus Pulau Beralih”, dengan jumlah 3 halaman.
Hasilnya cukup diluar dugaan, karena DPAD Sarolangun sendiri menargetkan hanya masuk dalam tiga besar, namun nyatanya setelah penilaian dewan juri secara profesional, siswi SD asal Sarolangun itu mampu mengukir prestasi setelah mendapatkan juara 1 mengungguli peserta lainnya.
Berdasarkan penilaian dewan juri, ditetapkan Juara I dengan jumlah nilai 2.599 dengan nomor urut 6 dengan judul Tanjung Putus Pulau Beralih asal Kabupaten Sarolangun. Juara II dengan jumlah nilai 2.458 jatuh pada peserta dengan judul Lengket Cingkope nomor 10 asal Kota Jambi serta Juara III dengan jumlah nilai 2.445 dengan judul Putri Tangguh nomor urut 1 asal Kabupaten Bungo.
Harapan I dengan jumlah nilai 2.361 judul Putri Kesumbar, dari Kab. Merangin. Harapan II dengan judul Putri Tangguh, dengan nilai 1.616 jatuh pada Kabupaten Tebo dan untuk juara harapan III dengan jumlah nilai 1.247 judul Cerita Asal Mula Negeri Jambi atas nama Kabupaten Batanghari.
“Para peserta yang berprestai diberikan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Lomba Bercerita tingkat SD ini adalah lomba yang dilaksanakan mulai tingkat Kabupaten, Provinsi hingga ke tingkat Nasional,” katanya.
Memang sebelum dilaksanakan lomba ke tingkat Provinsi Jambi ini, bakat siswa SD 01 Pasar Sarolangun itu memang sudah terlihat pada saat Lomba Bercerita tingkat Kabupaten yang juga meraih juara I. Kemudian ditingkat Provinsi Jambi, pihaknya juga melalukan pembinaan sebelum kegiatan itu dilaksanakan.
“Pembinaannya berupa pelatihan khusus yang kita lakukan, saya juga tidak menyangka dapat juara I kemaren kita hanya menargetkan masuk tiga besar. Pihak sekolah juga cukup mendukung dan orang tua murid ini yang memberikan support kepada anaknya. Alhamdulillah kemarin dapat juara I,” katanya.
“Akan diwakilkan ke tingkat nasional pada 3-6 september mendatang, kita berharap nanti bisa meraih yang terbaik ditingkat nasional ini. Lomba Bercerita ini baru pertama kali kita dapatkan juara I, yang sebelumnya selalu diraih oleh Kota Jambi,” kata dia menambahkan.
Ia berharap dengan kegiatan Lomba Bercerita ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat dan juga anak sekolah baik tingkat SD dan SMP ini untuk gemar dalam membaca dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan.
“Lomba Bercerita ini salah satu upaya meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak sekolah SD, SMP. Tahun ini Lomba Bercerita tingkat SD dan lomba pidato untuk tingkat SD dan SMP, akan kita laksanakan dalam bulan depan itu semua ini untuk menggerakkan minat baca masyarakat,” katanya.
“Karena setiap apa yang dibaca tentu akan bermanfaat, misalnya masyarakat membaca buku tentang pertanian, tentu akan bisa membantu di lapangan dalam pertanian, termasuk dalam Lomba Bercerita ini tentu ada cerita yang bisa memberikan manfaatkan kepada siswa kita,” tambahnya.
Reporter : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Kajari Sarolangun: Masyarakat Harus Mendukung Investasi Semen Baturaja, Alasanya Begini

Ming Jul 28 , 2019
Kajari Sarolangun Ikhwanul Hakim, saat diwawancarai di ruang kerjanya belum lama ini. Sarolangun, Penajambi.com – Kepala Kejaksaan Negeri Sarolangun Ikhwan Nul Hakim, SH mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat sarolangun mendukung rencana investasi yang akan dilakukan pabrik Semen Baturaja, dalam mendirikan pabrik semen di Kabupaten Sarolangun, yang berlokasi di Wilayah Bukit […]