Kemenag Akan Kirim Siswa Madrasah Ikut KSM Tingkat Provinsi Jambi

Kasi Madrasah, Kemenag Sarolangun Raja Kurnain saat diwawancarai.

Sarolangun, Penajambi.com – Setelah kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Sarolangun selesai dilaksanakan pada 20 Juli yang lalu, di MAN 1 Sarolangun, maka siswa madrasah yang berhasil meraih prestasi akan menjadi utusan Kabupaten Sarolangun mewakili lomba KSM tersebut ke tingkat Provinsi Jambi.
Kasi Madrasah, Kemenag Sarolangun Raja Kurnain, mengatakan sedikitnya ada sebanyak 11 siswa madrasah yang akan mewakili Kabupaten Sarolangun dalam ajang KSM tingkat Provinsi pada pertengahan bulan Agustus mendatang.
“KSM ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun di lingkungan Kementrian Agama. Tujuan untuk mencari bakat, membina para siswa kita dibidang Sains, untuk meningkatkan prestasi. Baik di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” katanya.
“Sesuai tema Integrasi Sains dan Islam menuju Madrasah Hebat dan Bermartabat. Ditingkat Provinsi akan dilaksanakan pada 15 Agustus mendatang, dan setelah dilakukan kegiatan di tingkat kabupaten yang meraih juara 1 akan mewakili ke tingkat provinsi jambi,” kata dia menambahkan.
Ke sebelas siswa madrasah tersebut diantaranya di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk mata pelajaran Matematika akan diwakili Marlan Tedy Yansah, asal MIN 1 Sarolangun sebagai juara 1 pada tingkat Kabupaten Sarolangun. Kemudian untuk mata pelajaran Sains IPA diwakili oleh Khoirul Rizki Awan yang juga berasal dari MIN 1 Sarolangun.
Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs). Mata Pelajaran IPS diwakili oleh Riska Lesmana Putri asal Babussalam Kec. Air Hitam. Mata Pelajaran IPA oleh M Rayhan Farrukh asal MTSN Sarolangun. Dan Mata Pelajaran Matematika oleh Welly Ferdiansyah, asal Babussalam.
Tingkat Madrasah Aliyah (MA). Mata Pelajaran Matematika diwakili oleh Miranda Marsela Putri asal MAN 1 Sarolangun. Mata pelajaran Biologi oleh Fitri Awaliyah Mahmud asal MAN 1 Sarolangun. Mata Pelajaran Fisika oleh Miftahul Jannah asal MAN 2 Sarolangun. Mata Pelajaran Kimia oleh Khuzaimah Mudrika Asal MAN 2 Sarolangun. Mata Pelajaran Ekonomi oleh Anggun Rohali asal MAN 1 Sarolangun. Dan Mata Pelajaran Geografi oleh Rosa Maulid Diana asal MAS Salafiyah Safiiyah.
“Belajar dengan giat supaya bisa mencapai prestasi yang lebih baik, karena ditingkatkan Kabupaten ini hanya dilakukan seleksi, untuk bisa sampai ke tingkat Nasional. Persiapkan diri sebaik mungkin,” katanya.
Sebelumnya, Kakan Kemenag Sarolangun M Syatar mengatakan bahwa kegiatan KSM adalah program nasional yang merupakan agenda tahunan khususnya di Kementrian Agama, diikuti oleh seluruh madrasah baik madrasah swasta dan madrasah negeri.
Tujuan untuk mencari para siswa yang berprestasi untuk bisa bersaing ke tingkat provinsi maupun ke tingkat nasional.
“Berkompetisilah dengan sebaik-baiknya dan hasilnya memang betul-betul siswa yang berpotensi dan berkualitas, maka saya harap tim penilai dan dewan juri agar bekerja dengan profesional, dan netral sehingga penilaian memang objektif mengedepankan kualitas siswa,” katanya.
Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan KSM tingkat Kabupaten Sarolangun pada tahun 2019 ini sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.
“Mudah-mudahan acara kegiatan yang kita laksanakan ini senantiasa mendapatkan barokah dan maghfiroh dari Allah SWT,” katanya.
Reporter : Wahid
Editor : Amarullah Koto

Leave a Reply

Next Post

Sekujur Tubuh Azka Warga Pelawan Melepuh Tersiram Air Panas

Sen Jul 29 , 2019
Foto: Azka hanya terbaring lemah di rumahnya akibat luka bakar di sekujur tubuh. Sarolangun, Penajambi.com – Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, begitulah musibah yang menimpa Azka, bocah laki-laki berumur 2,7 bulan yang tinggal di RT 5, Dusun Sukorejo, Desa Batu Putih, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun ini. Pasalnya, […]